Sibolga (Antaranews Sumut)- Dermaga Pelabuhan Sibolga telah dioperasikan sejak bulan Desember 2018 kemarin, bahkan untuk Dermaga Ferri sudah beroperasi bulan November 2018.

"Saat ini tinggal menunggu rampungnya pembangunan terminal penumpang," kata General Manager (GM) PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Sibolga, Agust Deritanto ketika dikonfirmasi ANTARA, Senin (14/1) sore.

Menurut Agust, bulan ini pembangunan terminal penumpang sudah rampung dikerjakan.

“Memang sesuai dengan batas kontrak bulan Desember 2018. Tetapi diberikan perpanjangan waktu sampai dengan bulan Januari 2019 untuk merampungkannya. Sedangkan untuk Dermaga sudah beroperasi sejak tanggal 2 Desember 2018 untuk kegiatan Multipurpose (kegiatan serba guna), dan untuk Dermaga Ferri Kapal Roro sudah beroperasi awal November 2018,”terang Agus.

Disinggung kapan peresmian pelabuhan yang dikabarkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo? Menurut Agus masih menunggu petunjuk dan informasi dari Kantor Pusat Pelindo I.

“Biasanya nanti diifokan oleh Corporate secretary perusahaan kami dari Kantor Pusat Pelindo I,”jawab Agus.

Sementara itu menurut Dadang selaku Kepala Pengawas Lapangan dari PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk yang ditemui di lokasi proyek pelabuhan, Senin (14/1) memastikan, akhir Januari 2019 Terminal Pelabuhan Sibolga sudah rampung.

Ia mengakui kendala terjadinya perpanjangan waktu pengerjaan proyek dikarenakan bahan yang didatangkan dari luar daerah.

“Bahan-bahan yang dibutuhkan proyek ini rata-rata dari luar daerah, sehingga memakan waktu terkait jarak tempuh. Itu yang menjadi kendala utama yang kita hadapi. Tetapi kami pastikan bahwa akhir Januari 2019 sudah rampung semuanya,”sebut Dadang menyakinkan.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019