Medan (Antaranews Sumut) - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan arus transfortasi jalur Pematang Siantar-Parapat Kabupaten Simalungun yang sempat macet akibat longsor sudah dapat dilalui seperti biasanya.

"Sejak Senin siang (31/12) arus transfortasi di daerah tersebut, sudah aman dilalui dan tidak ada kendala lagi," kata Irjen Pol Agus, saat meninjau pengamanan Doa Bersama pada malam Tahun Baru 2019, di Lapangan Benteng Medan, Senin malam.

Jalan yang mengalami longsor itu, menurut dia, sudah dapat diatasi dengan mengerahkan alat berat untuk membersihkan material yang menumpuk di badan jalan tersebut.

"Personel Polsek Parapat, Polres Simalungun juga dikerahkan untuk membersihkan tumpukan longsor di badan jalan tersebut," kata Irjen Pol Agus.

Sebelumnya, arus transportasi jalur Pematangsiantar - Parapat Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara macet akibat longsor pada Minggu (30/12) sekira pukul 23.00 WIB.

"Satu jalur, sistem buka tutup," kata Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno, Senin.

Setelah mendapat informasi dari pengendara sekira pukul 22.00 WIB,  pihaknya melakukan pembersihan longsoran di jembatan kembar Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Kepolisian juga menggunakan jalur alternatif Simpang Palang Tiga Dolok - Sitahoan Girsang Sipangan Bolon.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun, Ramadhani Purba menambahkan, Senin, pukul 02.00 WIB,  longsoran dibersihkan dan kendaraan bisa melintas.

Dia mengimbau kepada pengendara untuk waspada terhadap longsor susulan pada waktu hujan.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019