Medan (Antaranews Sumut) - PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) terus memberikan kontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia dan pelestarian alam termasuk di wilayah yang berada di sekitar Danau Toba seperti di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
     
Plt Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih, di Medan, Senin, mengatakan, Kabupaten Simalungun sebagai salah satu wilayah yang berada di sekitar Danau Toba dan dilalui oleh jaringan transmisi Inalum turut menerima bentuk nyata semangat Inalum dalam hadir untuk negeri.

Semangat ini diwujudkan Inalum dalam berbagai program tanggung jawab sosial yang mencakup berbagai bidang yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat dan upaya pelestarian lingkungan.

Pada bidang pelestarian lingkungan, PT Inalum bersama dengan Dinas Lingkungan dan Kehutanan Simalungun menggagas revitalisasi lahan melalui penanaman pohon di area seluas 10 hektar di Desa Sirube-rube.

Apa yang dilakukan tersebut sebagai bentuk komitmen PT Inalum untuk menjadi mitra pemerintah dalam menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik bagi masyarakat. 

Komitmen tersebut akan terus dikaji dan dikembangkan, agar seluruh program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan PT Inalum tepat guna dan diterima oleh kelompok masyarakat yang paling membutuhkan.

Tahun 2018, anggaran CSR dan PKBL PT Inalum sebesar Rp39 miliar atau naik dari anggaran tahun lalu sebesar Rp31 miliar.

"Ke depan kami juga akan mengembangkan Program Sadar Wisata yaitu Pengembangan Destinasi dan Pengelolaan Wisata serta melanjutkan program penanaman pohon di lahan kritis di daerah tangkapan air Danau Toba," katanya.

Baca juga: Inalum dukung pembangunan pariwisata Danau Toba
Baca juga: PT. Inalum dorong budaya inovasi

Senior Executive Vice President Pengembangan Bisnis PT Inalum, Dante Sinaga mengatakan selama ini program tanggung jawab sosial PT Inalum selalu dilaksanakan dengan koordinasi bersama dinas pemerintahan terkait. 

Untuk itu pihaknya membutuhkan masukan mengenai hal apa saja yang dibutuhkan masyarakat dan daerah mana saja yang layak untuk menjadi prioritas. 

Data-data tersebut mereka dapatkan dari dinas yang terkait dan pelaksanaan program juga dilakukan, diawasi bersama-sama dengan dinas.

"Selain di Kabupaten Simalungun, penyerahan program bantuan juga kami lakukan di kabupaten lain yang menjadi fokus kegiatan tanggung jawab sosial Inalum," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018