Batubara (Antaranews Sumut) - PT. Inalu mendorong tumbuhnya budaya inovasi dengan semangat research dan development yang berkesinambungan dalam upaya berkompetisi dan berkembang hingga menjadi Holding Industri Pertambangan.
     
"Salah satunya melalui Technology Improvement Seminar yang selalu rutin dilaksanakan sejak tahun 2005," kata Direktur Utama PT. Inalum Budi Gunadi Sadikin di Batubara, Senin.

Ia juga menyampaikan terkait rencana mendorong inovasi melalui pembangunan pusat penelitian dan pengembangan 
Mining & Metal Industry Institute.

Pembangunan Mining & Metal Industry Institute tersebut bertujuan tidak hanya melakukan penelitian guna mendukung pengembangan usaha Holding Industri Pertambangan, tetapi juga dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah mengenai kebijakan di bidang pertambangan.

"Itu penting dilakukan karena pengembangan industri dan energi tentunya akan sangat membantu Inalum untuk menjadi perusahaan global," katanya.

Sementara Komisaris PT. Inalum Agus Tjahayana Wirakusumah mengatakan, PT.Inalum telah melakukan pertemuan ilmiah dan riset dengan menghadirkan sejumlah pakar industri dan energi dalam 13 tahun terakhir. 

Hal itu dinilai merupakan pencapaian positif untuk terus maju dan lebih kuat dengan budaya internal yang kompetitif dalam hal inovasi.

"Teknologi, metode, pengukuran atau sistem improvement dan pemanfaatan peralatan baru untuk meningkatkan kinerja, kapasitas, efisiensi dan perbaikan lingkungan menjadi fokus paling utama dalam pertemuan ilmiah tersebut," katanya.

Technology Improvement Seminar (TIS) yang digelar kali ini sedikit berbeda dari biasanya, selain  dihadiri oleh jajaran komisaris, direksi dan karyawan, juga menghadirkan perwakilan perusahaan anggota Holding Industri Pertambangan (HIP).

PT. Antam, PT. Timah dan dan PT.Bukit Asam serta beberapa sekolah yang berada disekitar Inalum untuk mengunjungi dan melihat aluminium capsule yang disiapkan panitia guna memahami napak tilas perjalanan perusahaan serta pencapaian dan prestasi inovasi yang telah dicapai dan yang akan dipaparkan pada seminar dimaksud.

Acara seperti ini sangat bermanfaat untuk mengetahui dunia industri, salah satunya Inalum yang memproduksi aluminium," kata Haditya, salah seorang siswa Madrasah Aliyah YAPI yang menjadi peserta dalam seminar tersebut.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018