Medan (Antaranews Sumut) - Dunia telah bergeser karena teknologi mengubah kehidupan dan kehidupan berubah karena teknologi, pengalaman masa lalu tidak bisa dipakai hari ini, teknologi yang lima tahun lalu dipelajari tidak lagi dipergunakan saat ini.

Hal tersebut diungkapkannya Pendiri Rumah Perubahan Prof Rhenald Kasali PhD dalam Seminar Nasional ke-11 mengenai Sociopreneurship in Global Society diadakan Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (FE UNPRI) di Selecta Royal Ballroom Lantai 5 Jalan Listrik Medan, Rabu (19/12). 

Seminar juga dihadiri motivator dan penulis buku Irwan W Berutu dan Aktris Nikita Willy diikuti sebanyak 2000 peserta baik mahasiswa, dosen dan undangan.

Rhenald yang juga Guru besar Fakultas Ekonomi Univeristas Indonesia itu mengatakan saat ini dunia telah menggunakan kecerdasan buatan. Mesin-mesin yang tidak kenal takut dan lelah. Konsumsi ikut berubah karena teknologi.

“Semuanya membeli menggunakan internet. Masyarakat tidak lagi berkutat di jalanan. Uang digital muncul, supir-pun sebentar lagi menghilang karena mobil akan menggunakan self driving car. Tuyul pun nanti sudah tidak ada karena bingung mau mencuri uang bagaimana," tuturnya yang diikuti tawa para peserta.

Semua akan berubah, katanya, mulai dari politik, bank, energi, pengobatan, belanja, industri, budaya, dan lainnya. Terjadi disruption yaitu inovasi yang mengakibatkan cara-cara lama berakhir.

"Diantara kita nanti akan ada yang akan menjadi orang suskses dan berkuas atau yang dipenuhi kemarahan dan kebingungan. Untuk itu kita perlu bergerak bagaimana menghadapi dunia yang telah bergeser da berubah," lanjutnya.

Ketua Panitia Seminar UNPRI Cut Fitri Rostina SE MM mengungkapkan acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan kepedulian karena pentingnya memiliki jiwa wirausaha, membuka wawasan dan mengalaman serta meningkatkan pemahaman.

"Semoga dengan adanya acara ini dapat meningkatkan sosial impact bagi lingkungannya. Harapan saya generasi muda tergerak dan ikut berperan aktif dan menciptakan lapangan kerja baru, yang sukses, energik dan kreatif," tuturnya yang juga Dekan FE UNPRI ini.
 

Pewarta: Munawar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018