Batubara (Antaranews Sumut) - Upacara pelaksanaan peringatan hari Ibu di Lima Puluh, Jumat (21/12/2018) berlangsung dengan hikmat. Bupati H.RM Hary Nugroho dalam upacara yang dihadiri perwakilan kaum perempuan ini, didapuk sebagai pembina.

Dalam paparannya, ia menyampaikan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise. 

Momentum upacara selayaknya diperingati sebagai upaya mengingatkan makna hari ibu sebagai momentum meningkatkan persatuan bangsa. Perjuangan kaum perempuan pada dasarnya tidak lepas dari sejarah perjuangan bangsa yang kiranya perlu diteladani. 

Sementara di era modern ini, perempuan memiliki posisi sebagai sumber daya insani yang menentukan pembangunan nasional.

Ada pekerjaan rumah yang masih perlu kerja keras lagi dari semua pihak, yakni cara mencegah kekerasan dan perilaku diskriminatif pada kaum perempuan. 

Dengan penanaman karakter serta peran keluarga melalui implementasi kesetaraan gender, tentunya cita-cita tersebut akan terwujud. Ia juga mengapresiasi atas kerja keras berbagai organisasi kewanitaan serta berbagai pihak dalam penyelenggaraan hari ibu.

"Harapan saya peringatan hari ibu dapat mendorong kesetaraan pria dan wanita dalam aspek kehidupan," katanya.

Dalam upacara tersebut tangisan dan untaian air mata mulai turun saat bupati menyampaikan pentingnya menjaga dan menyayangi ibu tercinta ketika masih ada di dunia. 

Bupati meminta agar menghormati orang tua perempuan dan meyanyangi sepenuh jiwa raga. "Hargai dan hormati mumpung masih ada," kata Bupati, seraya mengatakan, bahwa hal itu sejalan dengan yang disampaikan Rasulullah dalam sebuah hadis, tentang perhormatan terhadap ibu, ucapnya.

 

Pewarta: Suhaimi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018