Medan (Antaranews Sumut) - Kabupaten Deli Sedang kembali mendapat apresiasi dari pemerintah pusat dan kali ini diberikan dalam bidang pendidikan dengan Inovasi Mesrah Bertuah (Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Masyarakat, Orang Tua dan Sekolah).
     
Plt Kadis Pendidikan Deli Serdang, Miska Gewasari, yang dihubungi dari Medan, Minggu, mengatakan, penghargaan tersebut diberikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise pada acara festival kabupaten/kota layak anak di Sasana Budaya Ganesha Bandung.

Apresiasi dan penghargaan ini diraih karena Pemkab Deli Serdang melakukan trobosan inovasi Pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) dengan Gerakan MESRA BERTUAH (Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Masyarakat, Orang Tua dan Sekolah).

DIa juga menjelaskan bahwasa konsep Mesra Bertuah itu menjadi kekuatan untuk melakukan sekolah ramah anak di Deli Serdang yang memberikan perlindungan terhadap anak khususnya pada sektor Pendidikan.

Kekuatan Konsep Mesra Bertuah tersebut karena melibatkan semua elemen, tidak hanya kepala sekolah, guru dan murid di sekolah, melainkan masyarakat luas serta para orang tua murid juga dilibatkan secara aktif. 

"Sehingga titik-titik kelemahan yang dimiliki guru dan pihak sekolah terlengkapi dengan keberadaan masyarakat juga orang tua siswa karena memang berperan penting," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa pada kegiatan itu hanya satu kabupaten di Indonesia yang mendapat Apresiasi Inovasi Penyelenggaraan Sekolah Ramah Anak (SRA) yaitu Kabupaten Deli Serdang.

Pada kegiatan itu Deli Serdang mendapat total empat apresiasi, selain apresiasi Inovasi Mesrah Bertuah, apresiasi lainnya diberikan sebagai daerah yang berkomitmen mendukung kegiatan belajar di luar kelas, Fasilitator nasional kreatif dan sekolah dengan yayangan Youtube OCD like terbanyak atas nama SMPN 4 Sunggal.

"Pada festival itu, dua sekolah dari Deli Serdang yaitu SD 101900 dan 101901 Lubuk Pakam juga diundang untuk menjadi peserta pameran pada boot SRA bersama sekolah sekolah SRA nasional lainnya se Indonesia," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018