Medan (Antaranews Sumut) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN area Medan pada 2018 mendapat tambahan pelanggan sebanyak 15 perusahaan sejalan dengan membaiknya perekonomian di Sumatera Utara.

"Permintaan gas terus bertambah.Akhir tahun ini, ada tambahan permintaan enam pelanggan sehingga secara total di tahun 2018 ada penambahan pelanggan baru sebanyak 15 ," ujar 
Sales Area Head PT PGN Medan, Saeful Hadi di Medan, Selasa.

Pelanggan baru 15 perusahaan itu terdiri dari tiga industri dan 12 komersil. 
 
Adapun enam pelanggan baru di akhir tahun 2018,  terdiri dari lima pelanggan komersil dan satu industri.

Saeful Hadi menjelaskan, pelanggan industri dan komersil yang akan menjadi pelanggan baru diantaranya bergerak di bidang rumah sakit, rumah makan, laundry dan industri pengelolaan minyak sawit.

Dengan bertambahnya lima pelanggan komersil,  jumlah pelanggan  komersial menjadi 78 perusahaan

Sementara dengan adanya tambahan satu industri, maka pelanggan di sektor itu menjadi  sebanyak 48 perusahaan.

Menurut Saeful,  karena permintaan enam perusahaan itu di akhir tahun 2018, maka layanan dijadwalkan baru bisa dilakukan awal tahun 2019.

Saat ini katanya, PGN masih merampungkan infrastrukturnya yang diharapkan selesai dalam Desember ini juga.

"Potensi pelanggan baru masih cukup besar di Sumut baik di industri maupun di komersil. Semoga saja krisis ekonomi yang sempat melanda secara global kembaliJakarta, 12/12 (Antara) - Tandukan Mauro Icardi menyelamatkan Inter Milan dari kekalahan saat menjamu PSV Eindhoven dalam pertandingan Grup B Liga Champions yang berakhir imbang 1-1 yang dimainkan di Giuseppe Meazza, Milan, Italia, pada Rabu dini hari WIB.

Namun hasil tersebut tidak mampu meloloskan Inter ke fase gugur, sebab koleksi poin total mereka sama dengan milik Tottenham Hotspur yakni sembilan poin, namun Inter kalah selisih gol tandang dengan klub London tersebut, demikian catatan pertandingan di laman resmi UEFA. Nerrazzuri pun kini harus terlempar ke Liga Europa.

Icardi memulai penampilan ke-200nya untuk klub dengan sangat apik dan pada menit keenam ia mengirimkan umpan terobosan kepada Ivan Perisic, yang tandukannya masih melebar.

Tetapi pada menit ke-13 Inter mendapat hantaman. Diawali aksi Steven Bergwijn yang mencuri bola dari Kwadwo Asamoah, ia kemudian mengirimkan umpan silang yang dapat disambar Hirving Lozano untuk membuka keunggulan bagi tim tamu.

Kesalahan lain yang dilakukan Asamoah hampir membuat Inter kembali kemasukan dua menit kemudian, namun Samir Handanovic masih mampu menggagalkan peluang milik Luuk de Jong.

Icardi terlihat akan dapat menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, namun kiper Jeroen Zoet dapat merentangkan tubuhnya dan menepis sepakan sang penyerang.

Inter akhirnya mampu mencetak gol penyeimbang ketika sang kapten Icardi menanduk umpan silang Matteo Politano.

Dengan kabar bahwa Totenham juga telah menyamakan kedudukan yang beredar di Giuseppe Meazza tuan rumah berupaya keras mencetak gol kemenangan, namun Martinez menyia-nyiakan peluang untuk menjadikan dirinya sebagai pahlawan ketika ia gagal menanduk bola dengan sempurna.
pulih 100 persen," katanya.    

Mengenai pasokan gas, kata dia semakin lancar karena dewasa ini ada program Integrasi Pipa Gas Nasional.

Manajemen Hotel Cambridge Medan, salah satu pelanggan baru PGN Area Medan mengaku beralih ke penggunaan gas PGN untuk efisiensi perusahaan.

"Persaingan industri perhotelan yang semakin ketat, memaksa pengelola hotel berpikir keras menyiasati ongkos operasional dan salah satunya adalah dengan beralih menggunakan gas PGN," ujar Executive Asistant Manager Hotel Cambridge Medan, Rico Siagian

Dia menyebutkan, meski biaya operasional hotel semakin besar, tetapi manajemen sulit menaikkan tarif akibat persaingan semakin ketat termasuk oleh munculnya pelapak "online" yang menjual murah.

"Jadi salah satu langkah yang diambil adalah mengganti bahan bakar konvensional ke gas," katanya.

Penggunaan gas menurunkan biaya operasional sehingga manajemen tidak perlu sampai menurunkan kualitas jasa yang ditawarkan yang bisa mengancam kehilangan pelanggan.
 
Rico mengakui, evaluasi pemangkasan biaya operasional sudah dilakukan manajemen Cambridge sejak empat tahun lalu.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018