Gunung Tua (Antaranews Sumut) - Tokoh Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) H Bachrum Harahap berharap Provinsi Sumatera Tenggara segera terbentuk.

Pria yang dikenal sebagai politikus kawakan di Tabagsel ini berharap Provinsi Sumatera Tenggara segera terbentuk bedasarkan faktor peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan.

"Sudah sepantasnya Provinsi Sumatera Tenggara segera terwujud demi menciptakan kesejahteraan dan percepatan pembangunan di Tabagsel yang terdiri dari empat kabupaten dan satu kota tersebut," ucap politisi senior Partai Golkar itu di Gunung Tua, Kabupaten Paluta, Rabu (5/12).

Baca juga: Bachrum Harahap impikan Universitas di Paluta

Mantan Bupati Padang Lawas Utara dua periode (2008-2018) itu juga berharap pemerintahan Joko Widodo memperhatikan hal tersebut. Bayangkan saja perjalanan dari Kota Medan ke Mandailing Natal, Medan ke Kota Padangsidimpuan, dan Medan ke Gunung Tua di Kabupaten Paluta jaraknya darat yang begitu jauh.

"Saya pesankan kepada Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap dan Wakil Bupati Hariro Harahap ke depan dapat mewujudkan hal tersebut dengan bekerja sama dan keterlibatan kepala daerah se-Tabagsel," ujarnya.

Sementara itu, warga Kota Padangsidimpuan Hamonangan Nasution juga mengajak semua elemen masyarakat terutama pemangku kebijakan khususnya kepala daerah se-Tabagsel serta wakil rakyat di DPR RI yang berasal dari Dapil Sumut II agar sama-sama berjuang untuk pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara.

Pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara sudah bergulir kurang lebih selama sepuluh tahun, artinya pengusulan pemekaran dua daerah otomi baru di Tabagsel sudah cukup lama dan wajar untuk segera direalisasikan pemerintahan Jokowi melalui perwakilan masyarakat Tabagsel di DPR RI.

Baca juga: Diskominfo Paluta gandeng LKBN Antara publikasi daerah

Wacana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara sudah bergulir sejak kepimimpunan Bachrum Harahap dan Zulkarnaen Nasution Wali Kota padangsidimpuan.

"Artinya pengusulan pemekaran DOB di daerah Tabagsel tidak terjadi tahun ini saja tetapi sudah cukup lama, karena itulah kita sangat mengapresiasi lima KDH se-Tabagsel jika ini segera terwujud, kami sebagai masyarakat semakin sejatera," ujar Hamonangan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018