Tanjungbalai (Antaranews Sumut) - Pemkot Tanjungbalai menyatakan siap bersinergi membangun infrastruktur sebagai sarana pendukung pelabuhan penumpang internasional Teluk Nibung yang sedang dibangun PT Pelindo.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tanjungbalai H.Muhammad Syahrial saat menghadiri acara "Port Community and Sharing Session" yang digelar PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I di Tresya Hotel, Tanjungbalai, Kamis.

Wali Kota mengatakan, saat ini Pemkot fokus dalam penyelesaian Jalan Lingkar Utara (JLU) yang merupakan alternatif utama sebagai jalur transportasi menuju pelabuhan Teluk Nibung. 

"Pembangunan JLU tersebut dalam upaya meningkatkan penataan kota, peningkatan perekonomian masyarakat serta pendukung utama transportasi darat menuju dan dari pelabuhan Teluk Nibung," ujar Wali Kota. 

Lebih lanjut, tahapan yang dikerjakan Pemkot Tanjungbalai tahun ini telah dilaksanakan pengaspalan konstruksi hotmix di 3 titik. Mulai Kelurahan Sungai Raja hingga Kapias Pulau Buaya menelan anggaran Rp14 Miliar lebih bersumber dari Dana Alokasi Khusus 2018.

Infrastruktur JLU tersebut sudah dimulai sejak 2016 dan terus dilanjutkan hingga 2018. Diharapkan penyelesaiannya termasuk Jembatan Silo III yang dalam pengerjaan bisa selesai tahun ini.

Sarana pendukung menuju pelabuhan Teluk Nibung juga telah diselesaikan dengan perbaikan jalan Yos Sudarso sepanjang 700 Meter dengan kontruksi Rigid Beton oleh Balai Besar Jalan Nasional.

"Pemkot Tanjungbalai akan terus berkoordinasi dan bersinergi dengan PT. Pelindo I Tanjungbalai dalam penyelesaian sarana dan prasarana pendukung Pelabuhan Penumpang Teluk Nibung," ungkap Syahrial.

GM PT. Pelindo I Tanjungbalai Aulia Rahman mengatakan, pembangunan dan penataan terminal penumpang pelabuhan Teluk Nibung dalam rangka memberikan kenyamanan dengan harapan memberi kemudahan dan semakin meningkatkan arus penumpang.

"Selesai dan dioperasikannya pelabuhan tersebut nanti diharapkan lebih meningkatkan gairah perekonomian masyarakat Tanjungbalai,” katanya.

Menurut Aulia, arus penumpang hingga Oktober 2018 mencapai 52.028 orang yang naik turun melalui pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai dengan tujuan Port Klang dan Port Hutan Melintang, Perak. Demikian sebaliknya.

Aulia menyatakan, saat ini progress pembangunan pelabuhan Teluk Nibung tersebut sudah rampung dan sedang dalam proses pembuatan interior.

Hadir dalam acara tersebut coorporate Secretary Pelindo I Jakarta M. Eriansyah, pimpinan instansi vertikal, pimpinan OPD, Camat, Lurah dan sejumlah pengusaha di Kota Tanjungbalai.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018