Panyabungan (Antaranews Sumut) - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 di Kabupaten Mandailing Natal selain diwarnai dengan berbagai perlombaan seperti lomba meracik obat antar Puksemas, lomba pemeriksaan kesehatan anak didik dan lomba merangkai buah antar intansi juga diwarnai lounching pelayanan gawat darurat 119.

Dalam peringatan HKN yang dilaksanakan dipertapakan RSU Panyabungan komplek perkantoran Bupati Madina ini turut juga dihadiri Ketua TP PKK, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Kapolres, AKBP Irsan Sinuhaji, Ketua Bhayangkari, Ketua Darma Wanita Persatuan, FKPD, OPD, para pimpinan bank swasta, Puskesmas se-madina, dan ratusan peserta senam massal. 

Kepala Dinas Kesehatan Madina.Dr Syarifuddin menyampaikan, untuk pelayanan darurat 119 sesuai dengan instruksi Presiden nomor 4 tahun 2013.

Ia menyampaikan, pelayanan emergency ini sudah ada diseluruh kabupaten yang ada di Indonesia. Untuk Kabupaten Mandailing Natal saat ini sudah ada enam mobil pelayanan darurat 119 tersebut. 

"Pelayanan 119 ini adalah tujuannya pelayanan darurat pasien 24 jam dan gratis," ujarnya. 

Kapolres Madina, AKBP Irsan Sinuhaji dalam pidato Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Senin (19/11) menyampaikan, peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2018 yang mengangkat tema Aku Cinta Sehat ini sejalan dengan program Indonesia sehat yang di galakan oleh Presiden RI yakni hidup sehat melalui pendekatan Keluarga.

Dalam kesempatan itu masyarakat diajak agar membiasakan diri untuk mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara karena memakan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini digalakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
 

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018