Rantauprapat (Antaranews Sumut) – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu terus meningkatkan pendidikan di daerah dalam upaya mendorong minat membaca masyarakat.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu, Leo Sunarta Marapaung di Rantauprapat, Selasa menyampaikan, dalam mewujudkan visi Bupati Labuhanbatu yakni, satu tekad bersama rakyat menuju sejahtera 2020, Labuhanbatu semakin hebat lebih berdaya 2025 telah menekankan progam pengembangan budaya baca dan menerbitkan buku bernilai sejarah karya putra asli Labuhanbatu.

Pihaknya juga menyampaikan optimis dalam menjalin kerjasama mutu pendidikan bersama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terkhusus di bidang perpustakaan dan kearsipan.

"Kita minta masukan ke teman-teman akademisi di UMSU agar pengembangan minat baca masyarakat Labuhanbatu makin meningkat dan para mahasiswa juga bisa melakukan penelitian di perpustakaan UMSU," katanya.

Dalam kesepakatan itu di sebutkan, pelaksanaan peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa, pelaksanaan Diklat dan peningkatan minat baca, pelaksanaan penelitian, pelaksanaan pengabdian masyarakat.

Selanjutnya, pengembangan kerja sama dalam bidang penyebaran informasi perpustakaan, pengembangan kerja sama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan kerja sama dalam bidang softskills dan hardskills mahasiswa serta bisnis berbasis perpustakaan (library entrepreneurship).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam kerjasama pendidikan di bidang Perpustakaan dan Kearsipan.

Pihaknya berharap dalam kerjasama ini dapat meningkatkan meningkatkan pendidikan masyarakat melalui pengelolaan perpustakaan.

"Dari MoU ini diharapkan ada tindaklanjut, khususnya dalam akses informasi yang tersedia di kedua lembaga," ujarnya.
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018