Medan (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kota Medan sudah memiliki dan memasang informasi kondisi lalu lintas melalui media Display Info Simpang atau DIS di sejumlah persimpangan jalan kota itu.

"Pada persimpangan di Jalan  Pangeran Diponegoro, Medan misalnya, saat ini sudah terintregasi dengan Ruang Kendali ATCS (Area Traffic Control System) Kota Medan, " ujar Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Medan, Nikmal Faizi Lubis di Medan, Senin.

Selain simpang Jalan Diponegoro – Sudirman, DIS juga dipasang di simpang Jalan Diponegoro - KH Zainul Arifin,  Kejaksaan – Diponegoro dan persimpangan Wisma Benteng.

Dengan sudah terintegrasi dengan ATCS,  katanya, operator ATCS yang berada di ruang kendali dapat segera merubah pesan atau tulisan yang akan di sampaikan kepada pengguna jalan secara langsung.
 
Dia menegaskan, uji coba DIS yang sudah dilakukan dan Launching DIS yang disaksikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Renward Parapat, berjalan lancar

Informasi kondisi lalu lintas yang bisa diperoleh pengguna jalan secara "real time" diharapkan bisa membantu masyarakat pengguna jalan.

Dengan ada info mengenai kondisi lalu lintas seperti ada gangguan  akibat ada aksi unjuk rasa,  kebakaran maupun ada genangan air dampak curah hujan lebat, masyarakat bisa memilih jalan alternatif.

"Dengan langkah itu,  kemacetan akan bisa lebih cepat terurai," ujar Nikmal Fauzi Lubis.

Dengan layanan informasi lalu lintas itu, maka layanan yang diberikan DIS tidak lagi monoton berupa himbauan - himbauan kepada pengguna jalan untuk tertib dan santun berlalu lintas.***4***

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018