Gunungsitoli, ( Antaranews Sumut)-Kesadaran menggunakan helm saat berkendara di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, dinilai meningkat seiring dengan mulai tingginya kesadaran pengendara roda dua akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya.
     
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Nias AKP. A Pasta Sitepu, di Kota Gunungsitoli, Sabtu, mengatakan, penertiban sering dilakukam Sat Lantas Polres Nias bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan.
   
Selain melakukan penertiban, Sat Lantas Polres Nias juga giat melakukan sosialisasi menggunakan helm standart nasional, bahkan sosialisasi juga dilakukan kepada pelajar di sekolah sekolah yang ada di wilayah hukum Polres Nias.
     
"Ketertiban berlalu lintas saat ini di Kota Gunungsitoli sudah cukup baik, dan kesadaran masyarakat menggunakan helm juga sudah tinggi," katanya.
   
 Namun, dia mengakui  masih ada juga pengendara yang tidak menggunakan helm saat berkendara, bahkan yang sering ditemukan adalah yang dibonceng.
   
"Untuk kasus itu kami pastikan Sat Lantas melakukan penindakan, kita hanya menindak pelanggaran terhadap pelanggaran yang kasat mata seperti tidak menggunakan helm, melanggar rambu rambu lalu lintas dan menerobos lampu merah", tuturnya.
     
Untuk lebih meningkatkan antusias masyarakat menggunakan helm dan menaati peraturan, Sat lantas Polres Nias akan menggelar razia berhadiah.
   
 "Razia berhadiah kita gelar dengan memberikan kupon kepada setiap pengendara yang tertib berlalu lintas dan menggunakan helm sni," katanya.
     Kupon tersebut akan diundi dan pemenang akan mendapat hadiah helm atau jacket. ***2***

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018