BERBINCANG : Bupati Labura H Kharuddin Syah SE berbincang dengan Ketua Azhar Centre HM Ifdarsyam Ritonga Lc MHI sebelum peletakan batu pertama, Selasa. (Foto : Antaranews Sumut/Sukardi)
Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Kehadiran Pesantren Azhar Centre di Labuhanbatu Utara menjadi berkah bagi kabupaten itu. Karenanya, pembangunan lembaga itu harus didukung oleh berbagai lapisan masyarakat.

Pernyataan itu dikemukakan Bupati Labura H Kharuddin Syah SE saat memberi sambutan pada peletakan batu pertama pembangunan Pesantren Azhar Centre di Kecamatan Kualuhselatan, Selasa.

"Lahirnya Pesantren Azhar Centre ini merupakan berkah bagi Labura," katanya di hadapan hadirin seperti Ketua MUI Drs H Aminurrasyid Aruan, Kakan Kemenag Agus Priadi SAg MSi, Ketua DPRD, Pimpinan Pesantren Azhar Centre HM Ifdarsyam Ritonga Lc MHI dan undangan lainnya.

Pria yang juga Ketua PD II FKPPI Sumut itu juga mengungkapkan optimis pembangunan pesantren itu selesai sebelum masa jabatannya sebagai bupati berakhir. "Saya optimis pembangunan pesantren ini selesai sebelum masa jabatan saya berakhir pada tahun 2021," katanya.

Pada kesempatan itu, Kharuddin Syah menyatakan para pimpinan OPD di Labura akan memberi bantuan sebesar Rp200 juta. "Kami tadi sudah berembuk dan akan memberi bantuan sebesar Rp200 juta, kata pria yang akrab disapa H Buyung itu.

Hal senada diutarakan Kakan Kemenag Labura Agus Priadi SAg MSi yang menyatakan, pihaknya sangat menyambut baik pendirian lembaga pendidikan itu. Ia berjanji akan memberikan dukungan sepenuhnya pembangunan pesantren tersebut dan turut membesarkannya.

Sebelumnya Pimpinan Pesantren Azhar Centre HM Ifdarsyam Ritonga Lc menceritakan perjalanan lembaga yang dipimpinnya. Saat ini yayasan yang memfokuskan pada penghafalan Al Qur'an.

Saat ini dari 28 santri yang mengikuti pendidikan di lembaga itu, 10 diantaranya sudah berhasil menghafal 30 juz Al Qur'an.
"Alhamdulillah, sudah 10 orang santri yang berhasil hafal 30 juz," ujar alumni Universitas Al Azhar Kairo itu.

Turut memberi sambutan mewakili donatur tetap H Zulfan Ritonga yang mengaku sangat bangga dan terharu dengan kegigihan pengelola untuk menciptakan generasi Qur'ani di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu.

Pada kesempata itu, dirinya menyatakan menyumbangkan 2.000 zak semen untuk pembangunan pesantren tersebut. "Awalnya saya ingin menyumbang 1.000 zak semen. Tapi pada saat ini saya menyatakan akan menyumbang 2.000 zak semen," tegasnya.

Selain itu Ketua MUI Labura Drs H Aminurrasyid Aruan melalui bupati menyatakan akan menyumbang 100 zak semen. Demikian juga dengan Ir H Polopo Siregar yang menyumbang 1.00 zak semen.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018