Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) - Sebanyak 90 Mahasiswa Fakultas  Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Prakter Belajar Lapangan di Kota Padangsidimpuan.

Pejabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan Dr Sarmadan Hasibuan, menerima kunjungan sebanyak 90 orang mahasiswa FKM Universitas Sumatera Utara (USU) dalam melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di Kota Padangsidimpuan, ucapnya, Jum'at.
 
Saat menerima kunjungan tersebut, Pj. Walikota Padangsidimpuan Dr Sarmadan Hasibuan didampingi Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi, MM, Asisten II Ekbang Rahuddin Harahap, SH dan Asisten III Administrasi Dilham Lubis.
 
Pj. Walikota Padangsidimpuan Dr Sarmadan Hasibuan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada FKM USU yang menjadikan Kota Padangsidimpuan sebagai tempat PBL bagi masiswanya yang dilaksanakan selama 90 hari.
 
Salam hangat atas nama pemerintah kota kami senang menerima mahasiswa FKM USU ini dan kami siap untuk berkoordinansi untuk mendistribusikan para mahasiswa PBL di enam Kecamatan yang ada di Kota Padangsidimpuan dan mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu Kota Padangsidimpuan dalam menemukan permasalahan kesehatan yang ada, ucap Sarmadan.
 
Dalam kesempatan itu, Sarmadan juga menyampaikan, pada bidang kesehatan terdapat beberapa program esensial yang merupakan tanggung jawab pemerintah diantaranya program promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan keluarga dan reproduksi, perbaikan gizi masyarakat, penyembuhan penyakit dan pelayanan kesehatan.
 
Saya mengharapkan, dengan kehadiran mahasiswa FKM USU dapat memberi motivasi kepada masyarakat Kota Padangsidimpuan khususnya daerah yang merupakan lokasi PBL, sehingga masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan mereka sendiri, tuturnya.
 
Pj Walikota juga meminta Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan serta pihak Kecamatan maupun Desa dapat saling bersinergi dan memfasilitasi dengan baik segala keperluan yang dibutuhkan menyangkut proses belajar mengajar mahasiswa PBL dari FKM USU ini.
 
Mewakili pendamping mahasiswa yang PBL mengatakan, pelaksanaan PBL ini sebagai bentuk kerjasama Pemko Padangsidimpuan dengan USU untuk mencetak generasi unggul khususnya dalam bidang  kesehatan, dengan melakukan pengalaman belajar lapangan di Padangsidimpuan.
 
Dengan adanya PBL ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi warga Desa. Selain itu dapat menjadi perbandingan antara teori di bangku kuliah dengan apa yang didapat di lapangan, mengenali karakteristik masyarakat dan dapat  beradaptasi dengan  lingkungan, saling koordinasi sehingga bermanfaat bagi masyarakat, ungkapnya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018