Binjai  (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, merencanakan untuk menambah lahan tanaman padi organik guna menjadikan daerah itu salah satu produsen beras.

Hal itu disampaikan Wali kota Binjai Muhammad Idaham, di Binjai, Rabu.  

Idaham menjelaskan rencana penambahan lahan buat tanaman padi organik itu seluas lima hektare yang sudah di programkan pada tahun 2019 mendatang.

Untuk itulah berbagai kerjasama mewujudkan keinginan itu dilakukan dengan Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di Sumatera Utara, seperti yang dilakukan sekarang ini dengan Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah, katanya.

Wali kota Binjai itu menambahkan tujuan dari dilaksanakannya kerjasama dengan UMN, dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki kedua belah pihak.

Gunanya, untuk saling membantu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. 

"Kerjasama dan kolaborasi ini penting guna menciptakan SDM yang berkualitas. Dimana Pemkot Binjai sebelumnya telah melakukan kerjasama dengan beberapa universitas, diantaranya USU dan Politeknik Negeri Medan," katanya. 
 
"Membangun kota cerdas dilakukan dengan bantuan Politeknik Negeri Medan sebagai pendamping, saat ini sebanyak dua dosen dan tujuh mahasiswa melakukan pendampingan di Binjai Command Center (BCC)," sambungnya. 

Kemampuan berkolaborasi sangat tergantung hubungan emosional yang kuat dari pimpinan daerahnya. Keberhasilan Kota Binjai bukan karena Sumber Daya Alam yang berlimpah, tetapi kemampuan kami dalam berkolaborasi dan menjalin kerja sama. 

"Sumber Daya Manusia yang kami miliki masih belum cukup, berharap dengan kerja sama ini dapat meningkatkan SDM," jelasnya.

Pihaknya juga berharap UMN menjadi pendamping kepada kelompok tani menanam padi organik, semoga MoU ini bermanfaat bagi kita semua demi menciptakan generasi berprestasi ke depan. 

Rektor UMN Al Washliyah Hardi Mulyono mengungkapkan rasa bahagia dan apresiasi atas kunjungan Wali kota Binjai ke kampus UMN, guna menjalin kerja sama dalam hal peningkatan SDM. 

"Kerjasama ini diharapkan memberikan hasil yang terbaik untuk Pemkot Binjai dan UMN, kedepannya," ungkapnya.***4***

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018