Langkat  (Antaranews Sumut) - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bekerjasama dengan Orang Utan Information Center, mengevakuasi seekor orang utan yang kerap berkeliaran di perkebunan warga Desa Sei Serdang Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Hal itu dibenarkan Kepala BKSDA Wilayah Langkat Albert Aritonang, di Stabat, Senin.

Albert menjelaskan evakuasi itu dilakukan berawal dari laporan masyarakat yang sering melihat seekor orang utan berkeliaran diperkebunan karet milik warga.

Lalu tim BKSDA dan IOC yang mendapatkan laporan kemudian turun ke lokasi untuk memantau keberadaan orang utan tersebut.

"Pemantauanpun dilakukan oleh petugas, setelah beberapa hari akhirnya tim menemukan seekor orang utan yang sedang mencari makan diperkebunan karet milik warga Sei Serdang Kecamatan Batang Serangan Langkat," ujarnya.     

Petugas lalu melumpuhkan orang utan itu dengan cara ditembak bius, usai itu lalu diperiisa kesehatannya.

Dari hasil pemeriksaan orang utan yang diberi nama Karno berjenis kelanmin jantan dengan berat 40 kilogram usia 15 tahun itu dalam kondisi sehat dan baik.

Petugas lalu membawa orang utan tersebut ke kawasan Cinta Raja didalam resor Taman nasional Gunung Leuser (TNGL) yang berada di Kecamatan Besitang. 

Albert meminta warga yang melihat atau menemukan orang utan yang berkeliaran di sekitar pemukiman penduduk atau pun perkebunan agar tidak melakukan penangkapan dan memeliharanya, namun segera melaporkannya ke BKSDA.***4***

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018