Medan (Antaranews Sumut) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara,, Eko Subowo optimistis perekonomian dan politik daerah itu pada 2019 tetap stabil bagus.

"Walau perekonomian global belum membaik dan ada Pilpres (Pemilihan Presiden),  Pemprov Sumut masih yakin Sumut tetap kondusif,"ujarnya di Medan, Kamis.
 
Dia mengatakan itu usai mengikuti rapat paripurna mendengar Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo  tentang APBN TA 2019 dan Nota Keuangan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumut.

Kekondusifan bukan hanya di sektor perekonomian, tetapi juga secara politik atau keamanan.

Agar perekonomian dan politik berjalan stabil, maka Pemprov Sumut terus melakukan berbagai langkah.

Untuk menjaga perekonomian, Pemprov bukan hanya  terus berpromosi agar investor masuk ke Sumut.

Tetapi juga membuat deregulasi yang memudahkan pengusaha dan mendorong usaha  mikro, kecil dan menengah untuk berkembang dan sekaligus mengupayakan kestabilan harga menjaga inflasi.

Ekonomi Sumut pada semester I 2018 tumbuh 5,02 persen dibandingkan periode sama 2017 dengan pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha jasa pendidikan 8,94 persen.

Pertumbuhan ekonomi Sumut di semester I 2018 yang di bawah angka nasional sebesar 5,17 persen itu diharapkan membaik di triwulan III.

Sementara agar keamanan Sumut tetap kondusif, Pemprov Sumut terus meningkatkan koordinasi dengan pemuka agama, tokoh masyarakat dan TNI - Polri.***3***

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018