Medan  (Antaranews Sumut) - Komandan Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata memberikan ceramah kepemimpinan kepada puluhan orang peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Provinsi Papua Barat yang mengikuti pelatihan Bela Negara.

Danyon Kavaleri 6/Naga Karimata Letkol Kav Syamsul Arifin, di Mako Batalyon, Sabtu, dalam ceramahnya mengatakan seorang Pimpinan Nasional (Pimnas) harus mempunyai karakter negarawan.

Karena, menurut dia, pemimpin nasional tersebut merupakan ahli dalam menjalankan negara (pemerintahan) dan menyusun kebijakan negara dengan suatu pandangan ke depan.

"Jadi, kepemimpinan nasional tersebut, merupakan sebuah fenomena yang sagat berpengaruh langsung dan erat sekali hubungannya dengan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Syamsul.

Ia mengatakan, Indonesia juga memiliki seorang tokoh pemimpin nasional, yakni seperti Soedirman dan Soekarno yang ikut memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.
 


Oleh karena itu, jelasnya, Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang mengikuti pelatihan Bela Negara dengan TNI selama dua hari di Mako Yonkav 6/Naga Karimata  ini, dapat mengambil pengalaman yang sangat berharga.

Kedisiplinan, kekompakan, dan cinta tanah air yang diajarkan pada kegiatan Bela Negara itu, harus tetap diterapkan oleh SMN, jika nantinya kembali ke daerah.

"Diharapkan SMN asal Papua Barat itu, ke depan agar bisa menjadi pemimpin nasional yang berguna bagi bangsa dan negara tercinta," kata Danyon Kavaleri 6/Naga Karimata.

Sebanyak 30 orang Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2018 dari Papua Barat tiba di Kota Medan Sumatera Utara, Selasa (7/8)  sekira pukul 22.15 WIB, dan selanjutnya mereka menginap di Wisma Sudirman Jalan Patimura Medan.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh perusahaan yang berada dibawah  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT.Hutama Karya.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Keberagaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Tahun ini, PT Hutama Karya (Persero) ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi koordinator kegiatan SMN di Provinsi Sumatera Utara bersama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Nindya Karya (Persero), PT Kawasan Industri Medan (Persero) dan PT Djakarta Lloyd (Persero). ***4***

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018