Medan (Antaranews Sumut) - Program Corporate Social Responsibility atau CSR disampaikan kepada puluhan Siswa Mengenal Nusantara asal Provinsi Papua Barat yang berkunjung ke Kota Medan, Sumatera Utara.  

Guru Besar Fakultas Teknik Sumatera Utara (USU) Prof Dr Rosdanelli, di Markas Yonkav 6/Serbu Naga Karimata, Medan, Jumat, mengatakan bantuan CSR dalam bidang pendidikan memberikan bantuan beasiswa kepada murid SLTP/SMU.

Selain itu, menurut dia, memberikan fasilitas komputer kepada sekolah tertentu.

"Juga memberikan dana penelitian mengenai energi alternatif kepada Perguruan Tinggi (PT)," ujar Rosdanelli.

Ia mengatakan, program CSR juga memberikan fasilitas pendidikan bagi ibu-ibu rumah tangga, yakni ketrampilan menjahit, memasak, home industri dan lain-lain.

Memberikan bantuan finansial kepada kelompok olahraga setempat.

"Bantuan CSR bidang olah raga mensponsori klub olahraga tertentu," ucap dia.

Rosdanelli menyebutkan, program CSR memberikan bantuan finansial kepada perkumpulan olahraga, misalnya Percasi atau Pelti.

Memberikan kesempatan kepada atlet yang berprestasi untuk menjadi karyawan BUMN.

Bantuan CSR bidang Seni Budaya adalah sumbangan finansial kepada kelompok seni yang terpinggirkan, misalnya Seni Tradisional.

"Program CSR tersebut, juga mensponsori kegiatan-kegiatan Pameran Kesenian, yakni Seni Lukis, Drama, Musik dan lain-lain," kata Dosen Fakultas Teknik USU itu.

Sebanyak 30 orang Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2018 dari Papua Barat tiba di Kota Medan Sumatera Utara, Selasa (7/8)  sekira pukul 22.15 WIB, dan selanjutnya mereka menginap di Wisma Sudirman Jalan Patimura Medan.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh perusahaan yang berada dibawah  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT.Hutama Karya.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Keberagaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Tahun ini, PT Hutama Karya (Persero) ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi koordinator kegiatan SMN di Provinsi Sumatera Utara bersama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Nindya Karya (Persero), PT Kawasan Industri Medan (Persero) dan PT Djakarta Lloyd (Persero). ***4***
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018