Medan (Antaranews Sumut) - Kegiatan Bela Negara yang akan kita laksanakan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka memperkuat jati diri sebagai anak bangsa, di tengah derasnya arus informasi yang begitu pesat dan tanpa filter masuk ke Indonesia.
 
"Sebagai generasi muda, para siswa/siswi harus bisa lebih banyak dan lebih bersemangat untuk kemajuan bangsa, sehingga identitas diri melekat pada diri pribadi bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah bangsa," kata Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, dalam sambutannya dibacakan Mayor Kav T.Hamdani, di Medan, Jumat.

Hal tersebut, dikatakan Pangdam pada Pembuakaan Kegiatan Bela Negara Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Dua Hari Bersama TNI, di Yonkav 6/Serbu Naga Karimata, Medan Sunggal.

Pangdam berharap kegiatan bela negara SMN dua hari bersama TNI dapat dijadikan sebagai pembangkit semagat, sekaligus membangun kesadaran para siswa dan siswi agar semakin mamahami hakekat dari bela negara.

Bela negara merupakan kewajiban bagi setiap warga negara dalam rangka mempertahankan keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
 
"Kepada penyelenggara kegiatan bela negara, pembina dan pengasuh, agar melaksanakan pengawasan dan pengendalian selama kegiatan berlangsung secara cermat dan humanis, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan sasaran dan  tujuan yang ingin dicapai," kata jenderal bintang dua itu.

Mewakili PT Hutama Karya (Persero) Rubintoro dalam sambutannya mengatakan, SMN yang mengikuti kegiatan Bela Negara ini, harus tetap disiplin, dan patuh kepada instruktur.

"Jadikan pendidikan Bela Negara ini untuk memperkuat kepribadian, jiwa nasionalisme yang tinggi dan cinta terhadap NKRI," katanya.

Sebanyak 30 orang Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2018 dari Papua Barat tiba di Kota Medan Sumatera Utara, Selasa (7/8)  sekira pukul 22.15 WIB, dan selanjutnya mereka menginap di Wisma Sudirman Jalan Patimura Medan.
 
Kegiatan tersebut diprakarsai oleh perusahaan yang berada dibawah  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT.Hutama Karya.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Keberagaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Tahun ini, PT Hutama Karya (Persero) ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi koordinator kegiatan SMN di Provinsi Sumatera Utara bersama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Nindya Karya (Persero), PT Kawasan Industri Medan (Persero) dan PT Djakarta Lloyd (Persero). ***4***

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018