Binjai, (Antaranews Sumut) - Sekolah Dasar (SD) Negeri 024772 Jalan Bejomuna Kelurahan Dataran Tinggi Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, terpilih mewakili provinsi Sumatera Utara dalam lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2018.  
   
 Tim penilai terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kata Mukhlis Catio, di Binjai, Rabu.
     
Mukhlis Catio menjelaskan penilaian yang dilakukan timnya merupakan penilaian tahap akhir.  Sekolah dan pemerintah daerah telah berupaya melaksanakan yang terbaik. Tim akan menilai secara  profesional dan objektif.     
     
Ia juga menyampaikan penilaian lomba dilakukan berdasarkan sejumlah indikator, seperti perilaku hidup bersih dan sehat, serta usaha kesehatan sekolah (UKS). 
     
Menurutnya UKS merupakan  garda terdepan untuk menjaga anak-anak. Apakah sekolah itu baik, sehat, bagaimana jajanan di kantin sekolah, apakah mengandung formalin, kita ingin meninggalkan sesuatu yang baik bagi kehidupan anak, ujarnya.
     
Timbas Tarigan Wakil Walikota Binjai mengatakan pemerintah dan masyarakat merasa bangga dan bersyukur karena salah satu sekolahnya terpilih mewakili provinsi Sumatera Utara ketingkat nasional.
   
 Terlebih jika mampu menjadi juara sangat bersyukur sekali. Begitupun Pemkot Binjai sangat  terbuka menerima segala masukan dari tim penilai untuk peningkatan kualitas seluruh sekolah yang ada.
     
“Kalau kami melihatnya  mungkin sudah bagus, tapi kalau tim penilai melihatnya dari atas, bisa ada yang kurang bagus," katanya.
   
 Sekretaris Kota Binjai Mahfullah Pratama Daulay mengatakan setiap sekolah yang ada sudah mendukung terciptanya sekolah sehat, terlihat dari penataan ruang dengan ketersediaan ruang terbuka hijau, ketersediaan air bersih dan struktur bangunan sekolah yang telah memadai dan representatif.           

 Ia juga menyampaikan pemerintah Kota Binjai juga telah merenovasi toilet di seluruh sekolah.         Pemkot Binjai juga telah melaksanakan apa yang digariskan pemerintah pusat tentang upaya pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), katanya.***4***

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018