Medan  (Antaranews Sumut) - Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo  yang diwakili Kasdam Brigjen TNI Hassanudin melepas keberangkatan 101 jemaah calon  haji KBIH Kodam I/BB.  

Terdiri dari 65 Perempuan dan 36 Pria, pada acara keberangkatan jamaah calon haji (JCH), di Masjid At Taqwa Kodam I/BB, Medan, Rabu.

Pangdam I/BB dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam Brigjen TNI Hassanuddin.  menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah haji kepada para JCH KBIH Kodam I/BB, yang akan meninggalkan tanah air menuju tanah suci Mekkah Almukarramah,  dan seiring do'a semoga menjadi haji yang mabrur.

Menurut dia, ada dua hal penting yang didapat bagi JCH, yakni pertama sebagai tamu Allah SWT, yang mana para jamaah haji akan mengunjungi Baitullah dan bertemu dengan tuan rumah, yaitu Allah SWT sang pencipta alam semesta.

"Sehubungan dengan itu, JCH harus mempersiapkan diri dengan berbagai ilmu yang berkaitan dengan manasik haji sehingga diharapkan pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan baik dan mencapai target yang utama yaitu haji yang mabrur," ujar Brigjen TNI Hassanuddin.

Ia mengatakan, kedua adalah sebagai tamu Pemerintah Arab Saudi, JCH dapat menjaga nama baik Bangsa dan Negara Indonesia, dengan tetap menjaga identitas kebangsaan yang dikenal sopan santun, ramah dan disiplin.

"Diharapkan agar semangat kebangsaan para JCH tidak pudar," katanya.
 
Pangdam I/BB menyampaikan ada beberapa pedoman untuk para JCH dalam menunaikan ibadah diantaranya, mantapkan keimanan, luruskan niat dan laksanakan ibadah haji dengan penuh keikhlasan sesuai Syariat Islam.

Selain itu, pedomani dan patuhi segala aturan atau ketentuan yang berlaku di  Arab Saudi, termasuk perlengkapan yang dibawa selama pelaksanaan ibadah haji.

Jaga dan pelihara kesehatan, serta ketahanan fisik sehingga seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji dapat diikuti dengan baik dan lancar.

"Perhatikan faktor keamanan, baik personil maupun perlengkapan sebelum dan selama kegiatan ibadah haji, serta kembali lagi ke tanah air," katanya.

Acara tersebut, pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Sertu H. K. Tanjung kemudian dilanjutkan penyampaian laporan Kabintaldam I/BB diwakili Kabalak Jarah Bintaldam I/BB, Letkol Inf Devi Deflijun.

Jamaah  Calon Haji KBIH Kodam I/BB akan berangkat dari Bandara International Kuala Namu, Kabupaten Deliserdang menuju Tanah Suci Mekkah dengan Kloter 11 pada Kamis (2/8) pukul 11.00 WIB.***4***

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018