Pontianak (Antaranews Sumut)- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menghadiri pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) yang ke XII di Stadion Sultan Syarief Abdulrahman Kota Pontianak, Senin malam.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Dodi Riyadmadji dalam sambutannya menyampikan ucapan terimakasih atas nama pemerintah Kalimantan Barat kepada Menteri Agama yang sudah mempercayakan Kalimantan Barat sebagai tuan rumah Pesparawi ke XII. Demikian juga kepada Lembaga Pengembangan Pesparawi Nasional (LPPN) dan Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) se Indonesia yang sudah mengutus masing-masing kontingennya untuk bertanding ke Kalimantan Barat.

"Selamat datang di Pontianak kota Khatulistiwa dan selamat bertanding. Junjung tinggi nilai sportifitas dengan penuh kejujuran agar mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan tujuan kegiatan Pesparawi. Dengan kegiatan keagamaan ini semakin terbentuk landasan moral sebagai jati diri bangsa,”ujarnya.

Sementara itu Menteri Agama RI Lukman Hakim dalam sambutannya menyampaikan Pesparawi memiliki makna penting dalam meningkatan wawasan bagi umat Kritiani. Dan jika dilihat dari kontek masyarakat Indonesia yang beragam suku budaya dan agamanya, Pesparawi memberi sumbangsih besar dalam meningkatkan rasa cinta dan kasih.

“Melalui kegiatan ini rasa pesaudaraan dan kesatuan semakin memperkokoh keimanan umat untuk menghadapi tantangan yang terjadi. Mari kita eratkan nilai Bhineka tunggal itu untuk menumbuh kembangkan rasa persatuan dan persaudaran sesama anak bangsa,”ajaknya.
Hal senada juga disampaikan Menko Maritim Luhut Panjaitan dalam sambutannya. Menurutnya perdamaian Indonesia tidak terlepas dari budaya saling menghormati antara budaya dan suku masing-masing. Dengan semboyan Bhineka tunggal ika kemajemukan itu dapat dijaga dengan baik.

“Keberagaman itu diibaratkan seperti harmoni yang dapat didengarkan melalui paduan suara. Meskipun ada tenor, bass, sopran serta alto dalam satu paduan suara, ketika dinyanyikan bersama akan menghasilkan suara yang indah. Perbedaan jenis suara dalam paduan suara itu mampu memberikan keindahan. Untuk itu marilah kita jaga persatuan dan kesatuan kita. Dan sebelumnya bapak Presiden Joko Widodo menyampaikan permohonan maaf beliua karena tidak bisa hadir membuka acara Pesparawi ini karena harus berada di Lombok karena peristiwa gempa yang terjadi di sana,”kata Luhut.

Acara pembukaan Pesparawi ini diawali dengan barisan defile dari masing-masing kontingen lengkap dengan pakaian adatnya. Dan dilanjutkan dengan penyerahan Piala Presiden dari Juara Umum Pesparawi ke XI tahun 2015 Provinsi Maluku kepada tuan rumah Kalimantan Barat, yang selanjutnya diserahkan ke ketua umum Pesparawi ke XII Karolin Margaret Natasa  untuk diperlompakan.

Ribuan masyarakat dan peserta memadati stadion Sultan Syarief Abdulrahman. Sederetan artis turut hadir menghibur seperti Lea Simanjuntak, Saykoji, Andi Riff, Choky Sitohang, Yuanita Christiani dan sejumlah artis Indonesia lainnya. Acara ditutup dengan pesta kembang api. Kegiatan pembukaan Pesparawi inipun berjalan dengan aman dan tertib


 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018