Binjai, (Antaranews Sumut) - Wali kota Binjai Haji Muhammad Idaham SH MSi ikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIII tahun 2018 di Tarakan, Kalimantan Utara.
     
Hal itu disampaikan Wali kota Binjai Muhammad Idaham, di Binjai, Jumat.
     
Disampaikannya Rakernas dibuka secara resmi oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono, yang mengangkat tema sentral Penguatan Kerja sama antar Daerah dalam Mengoptimalkan Potensi Daerah. 
     
Soni Sumarsono menekankan tentang pentingnya kerja sama daerah dalam mensejahterakan rakyat. Menurutnya, ini merupakan sebuah mekanisme pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan.
     
Soni Sumarsono mengatakan Rakernas APEKSI tidak sekedar membahas berbagai isu yang berkembang dalam pemerintahan, namun juga menjadi ajang silaturahmi antar Wali kota se-Indonesia.
     
"Rakernas Apeksi hendaknya dapat membawa sebuah perubahan kebaikan  untuk masyarakat di seluruh kota se-Indonesia kedepannya," katanya.
     
Idaham juga menyebutkan, sebelum  dimulainya gelaran Rakernas APEKSI, para wali kota anggota APEKSI telah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Dalam pertemuan itu para Wali kota menyampikan beberapa usulan terkait permasalahan pembangunan kota.  
     
Usulan itu antara lain  permohonan agar kelurahan juga diberi dana seperti dana desa. Dengan adanya dana kelurahan, akan sangat membantu mengatasi masalah yang terjadi di perkotaan. 
     
Rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI XIII di Kota Tarakan juga dilakukan diskusi panel, penanaman pohon khas 98 kota anggota APEKSI, pawai budaya, City Expo dan Ladies program.
     
Selain Wali kota Binjai juga ikut dalam rakernas itu Asisten Pemerintahan Otto Harianto, Kepala Bappeda Agustawan Karnajaya.***4***

 
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018