Langkat,  (Antaranews Sumut) - Pelaksanaan pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Langkat, menpergunakan dana hibah dari Pemkab yang telah disahkan DPRD sebesar Rp52 miliar lebih dari mulai awal September 2017 hingga 25 Juli 2018, yang merupakan tahapan terakhir.
     
Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Langkat Agus Arifin, di Stabat, Rabu, dalam sambutannya saat membuka rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Langkat terpilih 2018.
     
"Dana hibah yang sudah diputuskan dan ditetapkan DPRD tereebut sudah diperuntukkan buat pelaksanaan pilkada di daerah ini, dimana hasilnya diikuti oleh tiga pasangan calon," katanya.
     
Pasangan calon itu antara lain nomor urut satu Terbit Rencana Peranginangin-Syah Afandin, pasangan nomor urut dua Rudi Hartono Bangun-Budiono, pasangan nomor urut tiga Sulistianto-Heriansyah, dimana terpilih pasangan Terbit Rencana Perangin-angin-Syah Afandin memperoleh suara 242.273 suara dengan persentase 52,66 persen.
     
Pada kesempatan itu Agus Arifin juga menyampaikan tahapan terakhir pilkada yaitu menetapkan pasangan terpilih dimana sudah dilakukan pleno terbuka pasangan Terbit-Afandin menjadi Bupati dan Wakil Bupati Langkat, katanya.
     
Agus Arifin juga menyampaikan terima ksih selaku pimpinan KPU kepada Pemkab Langkat, DPRD Langkat yang telah mengalokasikan dana untuk kegiatan pilkada sehingga dapat berjalan lancar dan aman.
     
Apalagi respon begitu cepat dari jajaran Kepolisian Resor Langkat terhadap berbagai tahapan yang dilakukan sehingga pilkada juga berjalan aman, lancar dan kondusif.
     
Termasuk keikutsertaan tiga pasangan calon sehingga emokrasi di Langkat ini semakin sehat dan berkualitas, dibuktikan dengan tingkat pastisipasi masyarakat yang semakin tinggi dari pilkada sebelumnya.
     
Dimana pada pilkada 2013 yang lalu partisipasi warga hanya 58,8 persen saja sementara untuk 2018 ini partisipasi warga untuk ikut pilkada mencapai 67,27 persen dan ini tentu sangat membanggakan sekali.***2***    
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018