Langkat (Antaranews Sumut) - Bupati Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, melepas keberangakatan 424 jamaah calon haji asal daerah tersebut yang menunaikan ibadah haji menuju asrama haji Medan, untuk selanjutnya diberangkatkan menuju Madinah.    

"Untuk itu jamaah calon haji Langkat diharapkan menjaga kesehatannya hingga nantinya dapat melaksanakan rukiun dan syarat haji secara sempurna," kata Bupati Ngogesa Sitepu, di Stabat.

"Bekalilah diri dengan pribadi yang sabar, ikhlas dan qonaah selama perjalanan dilakukan," katanya.

Kepada petrugas kloter, TPHD, Karom, Karu, untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sebab mengurus dan melayani jamaah adalah bagian dari ibadah, sebagai wujud pelaksanaan amanah yang diemban.

Kepada jamaah yang lebih muda, untuk tetap memperhatikan orang tuayang dalam kondisi lanjut usia, anggaplah mereka sebagai orang tua kita, jika kita suka menolong di dunia yakinlah Allah akan menolong nantinya di akhirat, ujar Ngogesa.

"Tetap kompak, kuatkan kordinasi, hilangkan kesombongan pada diri, agar semua jamaah merasakan kehadiran kita sebagai petugas yang sudah ditunjuk pemerintah," harapnya.

Kepala Seksi Ibadah Haji dan Umroh Kementerian Agama Langkat Zulham menjelaskan total jamaah haji asal Langkat sebanyak 424 orang yang terdiri dari laki-laki 174 orang dan perempuan 250 orang, yang dibagi dengan dua keberangkatan.

Keberangkatan pertama, Sabtu (21/7) dengan kelompok terbang satu sebanyak 384 orang dan kelompok terbang enam sebanyak 40 orang.     

Jamaah tertua laki-laki Siswo Suharto bin Singodrono (83) asal dari Kecamatan Stabat, perempuan tertua Zakyah binti M karjono (88) asal Kecamatan Sei Lepan, jamaah laki-laki termuda Yudi Resdianto bin Muhammad Ali (38) asal Kecamatan Sei Bingei, perempuan termuda Firda Lisnaati binti Mashudi (37) asal Kecamatan Sei Bingei.

Selain itu ada juga jamaah yang mutasi keluar dari Langkat yaitu Bakhtiar Junaidi Hasibuan dari Kecamatan Babalan mutasi ke Kabupaten Padang Lawas, Kasiyem binti Rebo dari Kecamatan Stabat mutasi ke Kota Binjai, katanya.

Zulham juga menjelaskan terdapat lima jamaah juga mutasi ke Langkat yaitu Mohd Hatta asal Medan, Ernawati Lubis asal Medan, Ernawani asal Medan, Umi Kalsum asal Medan, Sukri baba asal Medan dan Astaniyah asal Kabupaten Simalungun.***4***   

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018