Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Sebanyak 14 etnis yang ada di Labuhanbatu Utara menampilkan kesenian masing-masing. Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Labura itu dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten ke-10.

Dari rilis yang diterima, Selasa disebutkan kegiatan yang berlangsung di Lapangan Bhayangkara Aekkanopan tersebut dimulai Senin malam hingga Sabtu malam dan dibuka Bupati Labura H Kharuddin Syah SE serta dihadiri sejumlah pimpinan OPD.

Dalam arahannya bupati mengingatkan, melalui momentum pagelaran kesenian etnis itu diharapkan dapat melestarikan budaya daerah sekaligus dapat menjadi hiburan masyarakat. Karena menurutnya, budaya asing yang masuk ke Labura melalui berbagai media massa tidak terbendung.

“Budaya yang tidak sesuai dengan adat budaya ketimuran, budaya yang yang dapat merusak moral harus kita filter, harus kita tangkal dengan cinta budaya warisan leluhur," harap pria yang akrab disapa H Buyung itu.
 
JADWAL : Jadwal pagelaran etnis dalam rangka memeriahkan HUT Pemkab Labura ke-10 yang dilaksanakan di Aekkanopan. (Foto : Antaranews Sumut/Istimewa)
Ia juga mengharapkan acara yang meriah tersebut dipublikasikan kepada masyarakat ramai. Dengan demikian masyarakat akan mengetahui dan menyaksikan aneka ragam seni dari 14 etnis yang ada di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu. “Panitia harus kerja keras lagi mempublikasikan acara ini agar lebih diketahui masyarakat untuk dihadiri," harapnya.

Pembukaan Pagelaran Etnis Budaya yang juga diisi dengan sambutan Ketua DPRD Labura tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati. Pada malam pertama tersebut yang tampil adalah etnis Melayu dan Sunda.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018