Tarutung (Antaranews Sumut) - Pasangan calon Nikson Nababan-Sarlandy Hutabarat tetap unggul dalam agenda rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten yang digelar komisi pemilihan umum Tapanuli Utara di Sopo Partukkoan Tarutung, Kamis.

Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara yang berakhir pada pukul 21.00 wib, pasangan nomor urut 1, Nikson-Sarlandy mengumpulkan perolehan total 69.357 suara, mengungguli para pesaingnya, yakni paslon 2, Taripar-Frengky 61.046 suara, dan paslon 3 Christmanto-Hotman 20.010 suara.

Dalam persentase perolehan suara tersebut adalah Nikson-Sarlandy sebanyak 45,26 persen, Taripar-Frengky 39,84 persen, serta Chrismanto-Hotman sejumlah 13,06 persen.

Sesuai data rekapitulasi, berdasarkan hasil perolehan suara paslon di 15 kecamatan se-Taput, Nikson-Sarlandy unggul di 10 kecamatan, masing-masing di Kecamatan Pagaran, Siborongborong, Muara, Adiankoting, Pahae Jae, Pahae Julu, Simangumban, Parmonangan, Pangaribuan, dan Kecamatan Garoga.

Namun, di Kecamatan Tarutung, Sipoholon, Siatasbarita, Sipahutar, dan Purba Tua, Nikson-Sarlandy mengalami kekalahan dari pesaingnya, Taripar-Frengky.

Hasil rekapitulasi tersebut merupakan wujud partisipasi dari sebanyak 153.194 pemilih terdaftar dengan jumlah suara tidak sah sebanyak 2.781 suara atau 1,81 persen.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Suparmono


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018