Langkat, (Antaranews Sumut) - Pengepakan logistik pemilihan kepala daerah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, untuk 27 Juni mendatang sudah selesai untuk 16 kecamatan di daerah itu, hanya tinggal tujuh kecamatan lagi yang belum rampung.

"Diharapkan hari ini kesemuanya sudah selesai pengepakannya untuk segera didistribusikan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Langkat Agus Arifin, di Stabat, Sabtu.

"KPU terus mempercepat proses pengepakan surat suara da logistik lainnya untuk segera dikirimkan ke 23 kecamatan yang ada di Langkat ini, dimana pihak KPU merencanakan Minggu (24/6) segera dikirimkan terutama untuk kawasan terpencil, pulau terluar dan pesisir pantai," katanya.

Logistik pilkada itu untuk 1.862 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar pada 23 kecamatan, 277 desa dan kelurahan yang ada, dimana kotak suara itu nantinya berisikan formulir, paku hingga bantalan dan alat pengenal petugas di KPPS.

Hingga sekarang ini tidak ada masalah yang mendasar untuk pilkada Langkat. Petugas juga sudah melakukan pengepakan surat suara guna mengemas surat suara dan perlengkapan lainnya dengan jumlah dan spesifikasi teknis tertentu.

"Pengepakan dilakukan agar dalam proses identifikasi barang logistik menjadi lebih efektif dan dapat mencegah pertukaran antarjenis barang logistik serta pengepakan dapat mengurangi kerusakan barang dan kemudahan dalam pengiriman," katanya.

Tengku Benyamin menjelaskan pengepakan barang logistik keperluan pilkada nantinya terdiri dari surat suara = sejumlah DPT + 2,5 persen dalam sampul, kertas dan segel, tinta, segel, alat untuk memberi tanda pilihan, sampul kertas, karet pengikat surat suara, kantong plastik, formulir, tali pengikat alat pemberi tanda pilihan dan alat bantu tuna netra.

Sementara logistik yang tidak masuk dalam kotak suara terdiri dari tanda pengenal KPPS, petugas keamanan dan saksi, lem, ball point, gembok, spidol, stiker nomor kotak suara, daftar pasangan calon yang memuat visi, misi dan program serta biodata pasangan calon, salinan DPT, bilik suara dua unit, papan pengumuman jika diadakan, katanya.



(T.KR-IFZ/C/Y008/Y008) 23-06-2018 16:10:08

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018