Tanjungbalai, (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kota Tanjungbalai menggelar pasar murah di enam kecamatan dalam rangka peningkatan efisiensi perdagangan dalam negeri dan membantu masyarakat yang kurang mampu di daerah setempat.
   
Pasar murah ini dibuka secara resmi oleh Asisten Ekbangsos Drs.H Abdul Hayyi Nasution didampingi Kadis Disdagper Arman Fadillah SPd, Camat Tanjungbalai Utara Muhammad Ali, Satgas Pangan Kanit II Ekonomi Polres Tanjungbalai Aipda Z.E Nasution, Rabu, di Kantor Camat Tanjungbalai Utara. 
   
Asisten Ekbangsos Abdul Hayyi  mengatakan, program ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat kurang mampu memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dalam menghadapi/menyambut hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah.
   
"Pasar murah ini digelar dengan subsidi dari perimerintahi kota dengan tujuan membantu warga kurang mampu dalam mencukupi kebutuhan pangan menjelang hari raya Idul Fitri," kata Abdul Hayyi.
   
Hayyi mengimbau warga agar memanfaatkan pasar murah ini karena selain harganya relatif murah, seluruh bahan pokok yang dijual berkualitas dan layak konsumsi dan keberadaan pasar murah ini benar-benar dirasakan manfaatnya, terutama warga kurang mampu.
   
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Arman Fadillah menjelaskan, dalam pasar murah menyambut  Fitri 1439 ini Pemko Tanjungbalai mengalokasikan subsidi atas barang bahan pokok.
   
Sebanyak 1.000 paket disiapkan kepada masyarakat di enam kecamatan dengan harga tebus Rp100.000 per paket, terdiri dari Beras 10 Kg, Gula pasir 2 Kg dan Sirup Markisa 2 botol. 
   
Dari total 1.000 paket itu, Kecamatan Teluk Nibung mendapat kuota 170 paket, Tanjungbalai Utara 150 paket, Sei Tualang Raso 170 paket, Datuk Bandar Timur 160 paket,  Datuk Bandar 150 paket dan Kecamatan Tanjungbalai Selatan 200 paket.
   
"Pasar murah ini digelar mulai 6 hingga 8 juni dalam rangka mengantisipasi gejolak harga jelang hari besar keagamaan (puasa dan Lebaran) sekaligus menekan laju inflasi, khususnya di Kota Tanjungbalai," ujar Arman.
   
Sesuai catatan, Pemko Tanjungbalai bekerjasama dengan Bulog Divre III  Asahan juga menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di Pasar Tradisional, salah satunya di Pasar Suprapto dengan variasi harga yang terjangkau dan jauh lebih murah.
   
Harga Daging Sapi Rp77.000 per Kg, Gula Putih Rp12.000 per Kg, Minyak Goreng Rp12.000 per Kg, Beras Medium Rp 45.850 per 5 Kg dan Tepung Terigu Rp7.800 pet Kg. ***4*** (KR-YWK)

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018