Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Bertepatan dengan 17 Ramadhan 1439 H, dua lagi santri Yayasan Azhar Center (YAC) menuntaskan hafalan 30 juz mereka, Minggu. Kedua remaja itu sama-sama naik ke kelas XII tahun ini.

Pimpinan YAC HM Ifdarsyam Ritonga Lc MHI mengucapkan syukur atas keberhasilan kedua santrinya tersebut. Kedua santri itu bernama Haddad Alwi Lubis dari Bandardurian Kecamatan Aeknatas dan Hendrik Kurniawan dari Aekhitetoras Kecamatan Marbau.

"Alhamdulillah hari ini, di bulan yang baik ini, di hari kelahiran Buya Ziyad (HM Ifdarsyam Ritonga –red) ini, 2 orang santri telah menyelesaikan hafalan 30 juz,” sebut alumni Universitas Al Azhar Kairo itu dalam status FB-nya.

Keberhasilan itu menurutnya tidak terlepas dari para donator yang memberikan dukungan demi kelancaran aktivitas di pesantren yang berada di lingkungan Pangasean Kelurahan Guntingsaga Kecamatan Kualuhselatan tersebut.

Dijelaskannya, pada awal berdirinya YAC, hanya enam santri yang bisa diasramakan dan saat itu belum ada donator. Biaya berasal dari sumbangsih anggota YAC. Jumlah itu terus berkembang menjadi 10, 15 dan sekarang sudah menampung 24 santri.

Dengan keberhasilan dua santri tersebut, saat ini pesantren yang dipimpin alumni Pesantren Modern Daar Al Ulum Kisaran tersebut berhasil mencetak enam penghafal (hafiz) Qur’an 30 juz. Umur pesantren tersebut baru berusia lebih kurang tiga tahun.

Santri pertama yang berhasil menuntaskan hafalan 30 juznya adalah Rosihan Aulia Ritonga, Mhd Daniel, Syahlil Wanda Siregar dan Afrizal Akbar.

Rosihan sendiri sebagai jebolan pertama dalam suatu kesempatan menyebutkan ingin mengabdi di pesantren itu selama setahun sebelum melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018