Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) - Pemandian air tejun batu lanja merupakan mutiara alam yang tersembunyi yang harus digali dalam menonjolkan wisata alam yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu secara geografis sebenarnya memiliki potensi wisata alam yang sangat bagus sekali dan tidak kalah dengan daerah lainnya. Dimana potensi wisata yang ada di Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu ini, yaitu wisata alam dan wisata agro bahkan Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu ini memiliki wisata budaya, ucap Camat Padangsidimpuan Angkola Julu,Ahmad Riski Hariri Hasibuan, Senin menjawab wartawan.

Untuk wisata alam, daerah ini memiliki objek wisata pemandian yang sangat bagus sekali dan pemandian tersebut memiliki air terjun, bahkan tidak jauh dari pemandian tersebut ada air terjun lain.Tapi sayang objek wisata tersebut belum banyak yang mengetahui keberadaannya, terangnya.

Wisata alam pemandian ini terletak di Dusun Batu Lanja, Desa Simasom, Kec.Padangsidimpuan Angkola Julu. Letak pemandian ini tidak terlalu jauh dari jalan utama dari dusun tersebut kurang lebih berkisar 20 meter,

Airnya sangat bagus sekali bahkan sangat jernih dan memiliki air terjun.Menurut cerita masyarakat ketinggian air terjunnya dulu sebelum datangnya banjir bandang kurang lebih 13 meter.Untuk jalan kelokasi, jalannya sudah bagus,bahkan bisa dilalui oleh kenderaan, katanya.

Menurutnya, pemandian ini,airnya berasal dari anak sungai Batang Ayumi.Di akuinya bila pemandian ini di berdayakan bisa menambah pendapatan dari penduduk setempat,bahkan tidak di pungkiri bisa menambah pendapatan asli daerah, untuk masyarakat di Dusun tersebut sangat mendukung sekali bila pemandian tersebut di jadikan objek wisata,bahkan mereka sangat merestui bila pemerintah mengelolanya, katanya.

Diakuinya juga,Dusun Batu Lanja bila di kembangkan menjadi objek wisata sangat menjanjikan sekali.Dimana dusun ini sangat cocok sekali dibuat menjadi desa wisata di Kota Padangsidimpuan.

Potensi wisata di Dusun Batu Lanja khususnya di Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu memang sangat menjanjikan bila di kembangkan dengan baik dan dapat menggandeng insvestor guna meningkatkan ekowisata di padangsidimpuan, terangnya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018