Langkat (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, memasuki bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah salurkan bantuan sosial buat para bilal mayit, penggali kubur, abang becak, panti asuhan, sebesar Rp2,2 miliar.

"Bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untyuk meringankan beban warga yang kurang mampu sekaligus pengabdi sosial yang ada di daerah ini," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Pemkab Langkat Syahrizal, di Stabat, Kamis.

Syahrizal menjelaskan para bilal mayit, penggali kubur, abang becak maupunn panti asuhan penerima bantuan sudah melalui verifikasi data berdasartkan usulan pihak kecamatann yang ada di Langkat ini.

"Kami telah menyelesaikan verifikasi data dari kecamatan dan sekarang sedang dalam proses usulan pencairan yang totalnya mencapai Rp 2,2 Miliar," katanya.



Program pemberian dimaksud menjadi komitmen Bupati Ngogesa sejak awal menjabat hingga hampir menyelesaikan masa jabatannya dua periode yang dimaksudkan untuk membantu meringankan para penerima dalam menghadapi hari besar keagamaan seperti Idul Fitri.

Adapun bantuan untuk 3.434 orang bilal mayat sebesar Rp. 858.500.000, berikutnya 4.255 orang penggali kubur sebesar Rp 1.063.750.000, yang masing-masing akan menerima Rp 250.000.

Sementara bantuann sosial untuk 5.845 orang abang beca sebesar Rp 292.250.000, yang akan menerima Rp 50.000, termasuk lima panti asuhan akan menerima bantuan Rp50 juta masing-masing menerima Rp10 juta yaitu panti asuhan Darul Yatama Kelurahan Pelawi Utara Kecamatan Babalan.

Baca juga: kebutuhan bahan pokok Ramadhan di Langkat aman

Kemudian panti asuhan yayasan yatim piatu Al Ichlas Kelirahan Beras Basah Kecamatan Pangkalan Susu, panti asuhan yayasan amal dan sosial Washliyah Desa Lalang Kecamatan Tanjung Pura, panti asuhan Harapan Bangsa Desa Securai Kecamatan Babalan dan panti asuhan Al?Uswah Lingkungan IV Kelurahan Bela Rakyat Kecamatan Kuala.

Bupati Ngogesa Sitepu akan langsung menyerahkan bantuan untuk bilal mayat yang akan di pusatkan di Kecamatan Binjai, penggali kubur dipusatkan di Kecamatan Hinai dan abang beca di Kecamatan Stabat.

Sementara bantuan untuk panti asuhan akan diserahkan bersamaan dengan peringatan malam

Nuzul Qur?an yang tahun ini akan berlangsung di Masjid Nurul Huda Kelurahan Perdamaian Stabat, kata Syahrizal.



(T.KR-IFZ/B/H005/H005) 17-05-2018 17:59:45

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018