Aekkanopan (Antaranews Sumut) – Karang Taruna (KT) Labuhanbatu Utara harus bisa menjadi yang terbesar di Sumut. Karena di masa lalu, KT Labuhanbatu (sebelum mekar----red) pernah menjadi yang terbesar di provinsi itu.

Hal itu diutarakan Bupati Labura H Kharuddin Syah SE pada arahannya saat acara pelantikan pengurus KT Labura di aula Gedung Serbaguna di Aekkanopan, Jumat sore. “Saya yakin di bawah kepemimpinan saudara Yudha, Karang Taruna Labura bisa menjadi yang terbesar di Sumut,” katanya dalam acara yang dihadiri sejumlah pengurus KT kabupaten/kota se-Sumut itu.

Ia juga bernjanji akan mendukung penuh Karang Taruna daerah itu. “Sisa jabatan saya yang lebih kurang tiga tahun lagi bisa dimanfaatkan untuk itu,” kata Ketua PD II FKPPI Sumut itu disaksikan undangan seperti Dandim 0209/LB Letkol CZi Denden Sumantri, Ketua Umum KT Sumut H Solehuddin Nasuiton SE MSi dan Ketua DPD KNPI Labura yang juga anggota DPRD Hendriyanto SE. 

Pada bagian lain, ia menginstruksikan para kepala desa/lurah agar memberdayakan KT di wilayah masing-masing. Karena hal itu dapat mengurangi tingkat penyalahgunaan narkoba yang sudah mewabah sekarang ini. ”Laporkan jika ada kepala desa yang tidak mendukung,” tandasnya.

Tidak Berpolitik

Sementara Ketua Umum KT Sumut Solehuddin Nasution pada sambutannya antara lain mengatakan, Karang Taruna tidak berpolitik. Tapi politik KT adalah bagaimana mensejahterakan masyarakat melalui permbedayaan potensi yang ada di desa-desa/kelurahan.  

“Menjalankan bidang usaha adalah politik Karang Taruna. Bukan Karang Taruna berpolitik. Itu sangat berbeda,” katanya dalam acara yang dihadiri Bupati Labura H Kharuddin Syah SE, Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumantri, sejumlah Ketua KT dari beberapa kabupaten/kota, pengurus KT Labura dan pengurus KT dari puluhan desa/kelurahan di kabupaten itu.

Menurutnya, keberadaan KT lahir karena keputusan kepala daerah di tingkat masing-masing. Maka tugasnya adalah melaksanakan program kegiatan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan tingkatannya. Untuk itu, ia mengajak dan meminta para kepala desa agar memberdayakan KT dalam beragam usaha guna mensejahterkan masyarakat.

“Namun banyak ditemukan, kepala desa takut membesarkan Karang Taruna karena khawatir akan menjadi lawan politik pada pemilihan kepala desa,” sebutnya yang langsung disambut aplaus dari ratusan kader organisasi itu.

Pengurus KT Labura Periode 2017-2022 yang dilantik terdiri dari Ketua Yudha Iskandar Aruan SP MSi, Sekretaris Rudi Syahputra Daeli SP, Bendahara Adnan Matondang. Kepenguusan dilengkapi dengan wakil-wakil ketua, wakil sekretaris, wakil bendaraha dan beberapa bidang.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan SK oleh Kadis Sosial H Ahmad Sampurna Rambe SSosI MA dan penandatanganan berita acara dan penyerahan panji-panji organisasi oleh Bupati Labura H Kharuddin Syah SE kepada Ketua KT Labura Yudha Iskandar Aruan disaksikan para undangan yang hadir pada acara itu.

 


 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018