Tanjungbalai, (Antaranews Sumut) - Pemkot Tanjungbalai berharap kaum hawa di daerah setempat termotivasi sosok Ibu Kartini yang melakukan gerakan pembaharuan dalam mengangkat harkat martabat dan derajat wanita untuk terlibat dalam pembangunan.
           Hal itu disampaikan Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan H.Zainul Arifin mewakili Wali Kota Tanjungbalai dalam acara perayaan memperingati Hari Kartini, Selasa, di pendopo rumah dinas Wali Kota setempat.
          "Momentum peringatan Hari Kartini tahun ini pemerintah daerah berharap sebagai motivasi bagi kaum ibu untuk terlibat mendukung berbagai program pembangunan di Kota Tanjungbalai khususnya dalam upaya memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat," ujar Zainul.
          Bicara tentang emansipasi wanita, kata dia, tidak terlepas dari sosok RA Kartini pada jamannya telah memperjuangkan persamaan dan kesetaraan gender dan hingga sekarang menjadi panutan bagi kaum wanita diseluruh Indonesia.
          "Semoga perjuangan Ibu Kartini tersebut menjadi semangat bagi para ibu-ibu anggota PKK mau pun Dharmawanita untuk bisa berperan dan mengabdikan diri membantu Pemerintah Kota meningkatkan tarap perekonomian di Tanjungbalai," ujar Zainul.
           Ketua TP PKK Kota Tanjungbalai Hj.Sri Silvisa Novita Syahrial mengatakan, kepeloporan RA Kartini wajib ditiru dan teladani karena atas perjuangannya wanita Indonesia telah memperoleh hak-haknya sebagai wanita dan memperoleh kebebasan.
            Akan tetapi, perjuangan cita-cita Kartini belum sepenuhnya berhasil dimana masih banyak orang-orang diluar sana yang membutuhkan uluran tangan khususnya pembangunan melalui peran kaum perempuan menuju keluarga sejahtera.
            "Kita para wanita harus menggelorakan semangat mendukung kemandirian ekonomi keluarga melalui program pembangunan yang berkeadilan dan berkesetaraan gender demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Tanjungbalai," ungkap Novita. 
           Peringatan Hari Kartini ini juga dirangkai pemeberian hadiah kepada pemenang lomba busana Kartini kategori dewasa dan anak-anak berbahan dasar "Batik Kito" produksi Dekranasda Tanjungbalai serta lomba Senam Maumere bagi kalangan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se Kota Tanjungbalai.***4***(KR-YWK)

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018