Medan, (Antaranews Sumut) - Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu atau SKIPM Medan II menggelar berbagai program Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina Ikan memperingati Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2018.

"Seperti lomba mewarnai ikan di sekolah PAUD Al Ichsan di Bagan Deli, Medan Belawan untuk mengenalkan jenis - jenis ikan dan pentingnya asupan ikan kepada anak-anak," ujar Kepala SKIPM Medan II, Edi Santoso di Belawan, Kamis.

Dia mengatakan itu diwakili Kasubsie Tata Pelayanan SKIPM Medan II, Zulhan Efendi Lubis usai lomba mewarnai ikan di PAUD Ichsan yang diikuti para siswa dengan antusias.

Tiga pemenang mewarnai itu mendapat bingkisan untuk keperluan sekolah.

Menurut Zulhan yang didampingi Kepala Urusan Tata usaha, Cut Rina Meutia, selain lomba mewarnai ikan dan pengenalan jenis -jenis ikan, SKIPM Medan II akan melakukan banyak kegiatan lain.

Mulai donor darah, lomba masak dan distribusi menu masakan ikan, pemeriksaan mutu ikan di pasar tradisional dan plaza, kuliah umum, "coaching clinik" dan perlombaan kampanye Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina atau GEMASATUKATA.

Zulhan menegaskan, kegiatan Bulan Bakti dilaksanakan serentak di Indonesia selama satu bulan penuh mulai 1 April hingga 5 Mei.

"SKIPM Medan II menggelar berbagai program di Bulan Bakti untuk membangun kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga dan mengendalikan mutu dan keamanan hasil perikanan seperti yang diharapkan pemerintah /i Kementerian Kelautan dan Perikanan,"ujarnya.

GEMASATUKATA diharapkan mewujudkan penyediaan pangan sehat untuk peningkatan gizi masyarakat.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018