Medan (Antaranews Sumut) - Komunitas Olshop (Online Shop) Medan memberikan bantuan kepada  pengungsi Sinabung di Desa Naman, Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo.

Sebagai wujud solidaritas terhadap sesama bagi korban musibah letusan Gunung Sinabung, Komunitas Olshop yang terdiri dari TopCommunity (sebutan komunitas seller Tokopedia) Medan bersama seller online Medan lainnya  menyerahkan bantuan sumbangan kepada 500 KK (Kepala Keluarga) di desa itu yang dilaksanakan pada Minggu (11/3).

Setelah erupsi pertama pada Agustus 2010, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara berulang kali meletus. Februari lalu, Gunung Sinabung kembali meletus. Kejadian ini menjadi letusan yang terbesar selama 2018 karena bertekanan kuat dengan tinggi letusan mencapai 5 kilometer. Hal ini menyebabkan ribuan pengungsi Sinabung terpaksa meninggalkan kampung halaman mereka.

Ketua komunitas TopCommunity Medan Trudly Karo Karo mengungkapkan, Desa Naman Teran dipilih TopCommunity Medan karena desa ini menjadi desa terakhir yang masih ada penghuninya. "Aktivitas vulkanik di Sinabung kerap terjadi beberapa kali. Beberapa desa pun mengalami dampak letusan ini, termasuk Kecamatan Simpang Empat, Payung, Tiga Nderket, Munthe, dan juga Naman Teran. Sebagai desa yang terletak 5 km dari gunung, banyak warga yang mengungsi di sana dan masih membutuhkan bantuan, baik makanan maupun perlengkapan lain.”

Selain kebutuhan pangan, bantuan sandang ternyata masih sangat dibutuhkan oleh pengungsi. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, Trudly bersama komunitas seller lainnya memberikan bantuan sandang berupa pakaian layak pakai, peralatan makan, peralatan mandi, peralatan cuci, dan masker.

Trudy mengaku senang karena melihat antusiasme yang tinggi dari teman-teman komunitas olshop di Medan untuk membantu korban letusan gunung merapi ini. 

“TopCommunity menjadi wadah para seller dalam melakukan berbagai kegiatan sosial, termasuk pemberian edukasi untuk anak, penganggulangan bencana, dan penggalangan dana untuk masyarakat yang membutuhkan. Semoga apa yang kami berikan dapat membantu meringankan beban masyarakat sekitar," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Naman Teran Rencana Sitepu mengungkapkan rasa terima kasih kepada para komunitas online. 

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian komunitas olshop online. Semoga bantuan yang diberikan bisa bermanfaat untuk warga Naman Teran.”tambahnya

TopCommunity Medan sudah terbentuk selama 3 tahun tahun sejak 2015. Saat ini sudah ada ratusan seller Tokopedia yang tergabung dalam TopCommunity se-Indonesia. Komunitas ini sendiri sudah ada di puluhan kota di seluruh Indonesia.

Pewarta: Rel

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018