Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Seorang siswa SD Alwashliyah Bandardurian Kecamatan Aeknatas berhasil memukau ratusan orang, termasuk Bupati Labuhanbatu Utara H Kharuddin Syah SE, Rabu. Siswa yang bernama Mhd Aljahir Munthe tampil pada pelantikan PC Alwashliyah Aeknatas, Rabu.

Mengutip ayat 10-11 Surat Ash Shaf, dai cilik tersebut menjelaskan tentang jihad. "Jihad itu ada yang berbentuk jiwa raga dan ada juga jihad dengan harta benda," katanya di hadapan hadirin yang terdiri dari berbagai lapisan usia dan latar belakang tersebut.

Jihad dengan jiwa adalah berperang. Sedang jihad dengan harta benda, terangnya, dilakukan dengan menginfakkan harta yang dimiliki untuk kemashlahatan umat seperti membangun madrasah atau sekolah.

Namun, tambahnya, selain itu ada lagi jihad yaitu berperang melawan hawa nafsu. Dan perjuangan ini, tutur siswa yang pernah menjadi juara I lomba pidato tingkat provinsi itu, bukan hal yang mudah.

Walau singkat, pidato yang dibumbui dengan humor serta pantun itu mendapat aplaus meriah dari yang hadir. Ketua PC Alwashliyah H Ari Susilo Polopo Siregar SP langsung memberi 'uang jajan' kepadanya usai menyampaikan pidato.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018