Panyabungan (Antaranews Sumut) – Sebanyak 32 kelompok pencinta alam yang ada di Sumatera Utara ambil bagian pada Lomba Lintas Hutan Tropis-IV (LLHT-IV) tahun 2018 di hutan taman nasional Batang Gadis kabupaten Mandailing Natal.

Lomba lintas alam yang berlangsung selama 3 hari itu didominasi para peserta yang berasal dari luar kota Mandailing Natal diantaranya adalah berasal dari kota Medan, Binjai, Pematang Siantar, Rantau Prapat, Sibolga dan Mandailing Natal.

Ketua panitia LLHT-IV, Ahmad Sahara Daulay mengatakan, kegiatan lintas alam ini sangat diminati para peserta, hal ini dikarenakan selain tekhnik promosi yang dilakukan panitia cukup memuaskan dan tersebar luas juga dikarenakan medan yang dilewati pada lomba itu memadukan dari berbagai macam medan.

"Tahun ini 70% pesertanya di dominasi oleh peserta yang berasal dari luar kota seperti dari Medan, Binjai, Pematang Siantar, Rantau Prapat, Sibolga," katanya.

Dalam lomba lintas alam tropis tersebut pihak panitia membuat jalur lintas dengan memadukan design berbagai medan antara lain hutan hutan 85%, rawa 1%, perladangan 5%, pemukiman 5% dan jalan raya 2%. Selain melewati melalui jalur sepanjang 7,4 Km yakni dari desa Sibanggor kecamatan Puncak Sorik Marapi hingga ke desa Sitinjak kecamatan Batang Natal para peserta juga melewati danau Saba Begu yang menjadi ikon lomba.

"Dari 32 Tim yang mengikuti LLHT-IV ini, 1 tim di nyatakan gugur karena tidak sanggup melalui jalur tersebut sehingga panitia mengevakuasi tim itu dari jalur lomba," ujarnya.

Disebutkannya, kegiatan LLHT-IV ini merupakan agenda tahunan yang telah berjalan sejak dari tahun 2013 hingga sekarang. Sedangkan penyelenggaraan LLHT-IV yang berlangsung di Mandailing Natal ini di gagas oleh kelompok pecinta alam Forester Tabagsel bekerja sama dengan KPA Alfa Adventure, Ranger Gunung Sorik Marapi dan di dukung penuh oleh Balai Taman Nasional Batang Gadis.

Dalam lomba lintas alam topis tersebut tim Kehutanan 1 yang berasal dari Medan berhasil meraih juara 1 dengan poin 441,5 sedangkan juara II diperoleh tim Gematalas Fmipa UISU dengan perolehan poin 387,2 dan Juara III diperoleh tim Komandensar Panyabungan dengan perolehan poin 377,6.


Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018