Tanjungbalai (Antaranews Sumut) - Pemkot Tanjungbalai, Sumatera Utara menyerahkan berbagai sarana infastruktur hasil pembangunan tahun anggaran 2017 di enam kecamatan daerah setempat kepada masyarakat, agar dirawat, dipelihara dan dimanfaatkan sesuai peruntukannya, Selasa.

Kegiatan penyarahan hasil pembangunan infrastruktur itu berlangsung di dua tempat yaitu, di Gedung Bersejarah, Kecamatan Sei Tualang Raso, dan Gedung Serba Guna di Kecamatan Datuk Bandar, dihadiri Sekdakot Abdi Nusa, Staf Ahli, Asisten, OPD, Camat, Lurah, Kepala Lingkungan, tokoh masyarakat, pemuka agama dan masyarakat penerima manfaat.

Wali Kota Tanjungbalai H.Muhammad Syahrial mengatakan, Pemkot terus berupaya melakukan pemerataan pembangunan dan memperhatikan tingkat kebutuhan masyarakat, walau pun disadari bahwa masih banyak kebutuhan masyarakat dalam berbagai sektor belum sepenuhnya terwujud. 

Akan tetelapi, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dijajaran Pemkot Tanjungbalai terus berkoordinasi dengan legislatif untuk mewujudkan pembangunan diseluruh Kecamatan yang ada di Kota Tanjungbalai bisa terlaksana dengan baik. 

Menurut Wali Kota, hasil pembangunan yang diserah terimakan berupa sarana dan prasarana meliputi kegiatan bedah rumah, sarana pendidikan, rumah ibadah dan rehabilitasi gedung kantor itu dananya bersumber dari APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017.

"Serah terima kegiatan pembangunan ini merupakan salah satu cara mendukung dan mempercepat upaya peningkatan perekonomian warga dan mendorong terwujudnya sistem pendidikan berstandar nasional serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Tanjungbalai," ujar Syahrial.

Ia melanjutkan, program bedah rumah ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan memiliki rumah tempat tinggal yang kurang/tidak layak huni. Kemudian, perbaikan rumah ibadah baik Musholla, Masjid mau pun gereja merupakan upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan Kota Tanjungbalai yang religius.

"Demikian juga rehabilitasi gedung sekolah dan penambahan ruang kelas baru sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan, dan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dalam rangka mendukung dan meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkap Wali Kota.

Sesuai catatan, serah terima realisasi pembangunan angaran 2017 ini terwujud melalui program/kegiatan yang dilaksanakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Pekerjaan Umum dab Perumahan Rakyat, serta Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018