Paluta (Antaranews Sumut) - Bupati Padang Lawas Utara Bachrum Harahap mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di Kabupaten Padang Lawas Utara. 

Tanggal 27 Juni 2018 nanti akan dilaksanakan pemilihan umum untuk menentukan pemimpin kedepan, saatnya masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara mensukseskan Pemilihan Umum untuk kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara periode 2018-2023, dengan mengikuti pemilu tersebut masyarakat juga telah berjuang dalam memilih pemimpin, ungkap Bachrum Harahap Bupati Padang Lawas Utara, Jum'at. 

Terima kasih juga saya sampaikan kepada para pimpinan parpol yang telah bersinergi bersama pemerintah daerah kabupaten Paluta dalam membangun situasi aman kondusif, sehingga sampai saat ini masih bergairah dalam pelaksanaan pemerintahan dan juga pembangunan. 

Selanjutnya Bupati juga sampaikan, filosofi pemilu yang pertama adalah sarana tujuan untuk memilih pemimpin, baik legislatif dan eksekutif untuk menghantarkan kesejahteraan rakyat sebagaimana tujuan bernbangsa dan bernegara, sesuai UUD 1945 alinea 4 dan harus dipahami baik peserta, penyelenggara pemilihan. 

Berikutnya yang kedua, lanjut Bupati adalah pemilihan harus sukses yuridis, yaitu seluruh regulasinya, petunjuk teknisnya wajib diketahui dan dipahami penyelenggara dan peserta, kemudian yang ketiga sukses teknis yaitu dalam penyelenggaraannya seluruh admistrastifnya ada dan bias dipertanggungjawabkan.

Yang keempat, lanjutnya, sukses politik yaitu diikuti semua parpol dan hal ini memerlukan pendewasaan berpolitik, yaitu berpolitik santun demi membawa kemaslahatan umat dan memajukan bangsa. Kelima harus sukses sosologis yaitu masyarakat harus cerdas, tangguh, paham betul pemilihan tanpa perlu ada amang-amang atau iming-iming dan menjadi kebebasan bagi rakyat menentukan hak suaranya.

Yang keenam adalah pemilihan harus suskses parsitipatif yang salah satu indikatornya adalah tingginya partisipatif masyarakat yang sudah memenuhi persyarakatan sebagai pemilih menyalurkan haknya, dan wajib dipahami semuanya bahwa satu suara akan menentukan nasib bangsa kedepan.

Parpol juga punya kewajiban mensosialisakan, bahwa pemilu itu penting jangan sehingga masyarakat tidak golput, kata Bupati Paluta tersebut. 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018