Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam atau KAHMI/Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI Kabupaten Tapanuli Selatan memberikan apresiasi kepada Bupati Tapanuli Selatan.

Apresasi berupa ucapan terimakasih tersebut sebagaimana yang disampaikan Ketua Majelis Derah (MD) KAHMI Tapanuli Selatan Borkat atas tingginya inisiatif Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu S.H yang telah menabalkan nama gedung perpustakaan daerah Tapanuli Selatan dengan nama perpustakaan Prof. Lafran Pane, pendiri HMI.

Borkat menyampaikan itu pada acara dialog kebangsaan menuju KAHMI bermartabat di Aula Hotel Mega Permata Padangsidimpuan, Senin malam yang dihadiri tokoh-tokoh nasional.

Seperti Dr.Ir.Akbar Tanjung selaku presidium KAHMI, anggota BPK-RI Dr. Harry Azhar Azis, Ketua Komisi VII Gus Irawan Pasaribu,  Anggota DPR RI H.R.Mhd Syafii, Anggota DPRD Sumut Dolly Sinomba Siregar.

Kemudian presidium KAHMI Sumut Nurlan Tamba, Sekda Tapsel Drs.Parulian Nasution M.M dan sejumlah pengurus KAHMI/HMI se-Tapanuli Bagian Selatan.

Selaku ketua dewan penasehat KAHMI Tapanuli Selatan H. Syahrul M.Pasaribu mengungkapkan jauh sebelum ditabalkannya  nama (alm) Prof.Lafran Pane sebagai pahlawan nasional, dia (Syahrul) sudah berpikir kearah sana.

"Selain perpustakaan daerah Tapanuli Selatan nama Lafran Pane juga ditabalkan menjadi nama jalan di pusat perkantoran Pemkab Tapanuli Selatan, Sipirok,"tambahnya.

Bupati dua periode ini juga berpesan kepada seluruh kader KAHMI/HMI untuk tetap agar menjaga nama baik perpustakaan Prof.Lafran Pane tersebut.

Sementara penasehat KAHMI Nasional Dr.Ir.Akbar Tanjung menegaskan komitmen keislaman harus menyatu dengan keindonesiaan,"dua hal ini merupakan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan,"sebutnya.

Islam jelas Akbar Tanjung yang sangat menghormati keanekaregaman antara suku dan agama."itulah prinsip keislaman dalam prespektif keindonesiaan,"sebutnya.

HMI kata Akbar agar terbinanya insan akademis pencipta pengabdi yang bernafaskan islam, dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil, makmur yang diridhoi Allah SWT.

Dialog kebangsaan menuju KAHMI bermartabat ini dalam rangka Milad HMI yang ke-71 yang diisi oleh narasumber dari presidium majelis nasional KAHMI Dr. Harry Azhar Aziz MA.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018