Medan (Antaranews Sumut) - Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan sudah melayani pemeriksaan kanker melalui kedokteran nuklir dan menjadi satu-satunya rumah sakit di Sumatera Utara yang memiliki fasilitas modern tersebut. 

Kepala Unit Kedokteran Nuklir RSUP Haji Adam Malik Medan dr Edison SpKN (K) MKes di Medan, Selasa, mengatakan, rumah sakit dibawah naungan kemenkes tersebut sudah melayani pemeriksaan kanker melalui kedokteran nuklir tersebut sejak tahun 2013.

"Kedokteran nuklir RSUP HAM masih satu-satunya di Sumatera Utara. Di Sumatera juga termasuk satu-satunya. Sekarang kita diagnostik, bisa pemeriksaan, bisa deteksi. Kita ada keunggulan bisa deteksi awal. Misal, kalau kasus-kasus kanker, bisa deteksi dini," katanya.

Selama lima tahun sejak dibuka pada 2013, pelayanan kedokteran nuklir di RSUP HAM sudah menerima sebanyak 1.353 pasien dan dari jumlah tersebut paling banyak adalah kasus kanker, terutama kanker payudara.

"Biasanya kanker paling banyak, untuk deteksi penentuan stadium, supaya bisa diobati. Paling banyak kanker payudara, tapi semua jenis kanker bisa. Pemeriksaan ini dilakukan sebelum dokter memutuskan langkah pengobatan atau tindakan yang tepat," katanya.

Ia mengatakan pemeriksaan melalui kedokteran nuklir bukan hanya bisa digunakan pemeriksaan kanker, namun ternyata juga bisa dilakukan pada jenis penyakit lainnya.

Dalam satu hari, pihaknya menerima sekitar lima sampai enam pasien, dengan lama pemeriksaan mencapai 60 menit hingga 90 menit.

"Kita juga bisa pemeriksaan jantung, biasanya pasien yang mau kateterisasi atau mau pasang balon. Lainnya, kita juga bisa mendeteksi kelainan ginjal, kita bisa melihat fungsi masing-masing kanan dan kiri," kata lulusan Kedokteran Nuklir Universitas Padjajaran itu.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018