Medan (Antaranews Sumut) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terus melakukan pembenahan di segala bidang dalam upaya meningkatkan daya saing demi memujudkan perguruan tinggi berkelas dunia.

Rektor UMSU Dr Agussani di Medan, Jumat, mengatakan, perkembangan dunia pendidikan termasuk pada tingkat perguruan tinggi berjalan dengan cepat, yang mau tidak mau memaksa semua pihak harus melakukan pembenahan jika tidak ingin tertinggal.

Atas dasar itu pula lah UMSU juga dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir terus melakukan percepatan-percepatan dalam berbagai sektor pendukung sehingga terus menjadi perguruan tinggi yang menjadi pilihan, bukan hanya dalam negeri namun juga luar negeri.

"Kita terus melakukan pembenahan. Kita harus bisa go internasional dan tentunya untuk memujudkan itu kita semua segenap civitas akademika UMSU harus salang bekerja sama dan bahu membahu," katanya.

Berbagai terobosan terus dilakukan, diantaranya dengan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dari sejumlah negara, baik dalam bidang pertukaran mahasiswa maupun dosen, maupun dalam bidang penelitian.

Selain itu pihaknya juga terus mendorong para dosen untuk terus meningkatkan kompetensinya, baik dengan meningkatkan kualifikasi jenjang pendidikan, maupun dengan rutin menulis di jurnal-jurnal terutama jurnal internasional.

Semua itu dilakukan bagian dari komitmen untuk lebih memperluas jaringan dan mitra luar negeri guna peningkatan kualitas pendidikan, sehingga mampu menjawab tantangan zaman terlebih lagi hadirnya pasar bebas ASEAN yang imbasnya bisa jadi juga ke bidang pendidikan.

"Artinya UMSU dalam hal ini melakukan langkah-langkah guna menjawab tantangan yang sangat berat ke depannya. UMSU telah bertekad untuk mewujudkan visi menjadi perguruan tinggi berkelas internasional 2033," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018