Medan (Antaranews Sumut) - Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara di Medan, Senin, sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

Dalam pendaftaran itu, Edy Rahmayadi- dan Musa Rajekshah alias Ijeck didampingi pimpinan enam parpol pengusung yakni Ketua DPD Partai Golkar Ngogesa Sitepu, Ketua DPW Partai Nasdem Erry Nuradi, Ketua DPD Partai Hanura Kodrat Shah, Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) HM Hafez, Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Yahdi Khair Harahap, dan Ketua DPD Partai Gerindra Gus Irawan Pasaribu.

Dengan komposisi Partai Golkar (17 kursi), Partai Nasdem (5 kursi), Partai Hanura (10 kursi), PKS (9 kursi) , PAN (6 kursi), , dan Partai Gerindra (13 kursi), pasangan Edy-Ijeck mendaftarkan diri dengan dukungan 50 kursi DPRD Sumut.

Selain enam parpol tersebut, pasangan Edy-Ijeck juga mendapatkan dukungan Partai Perindo Sumut dalam pilgub yang rencananya akan digelar pada 27 Juni 2018 tersebut.

Hingga menjelang pukul 13.00 WIB, pasangan Edy-Ijeck masih memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan KPU.

Sebelum proses pendaftaran selesai, terlihat Ketua DPD Partai Golkar Ngogesa Sitepu keluar dari gedung KPU Sumut didampingi Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut Irham Buana Nasution sekitar pukul 12.00 WIB.

Tidak lama kemudian, Ketua DPW Partai Nasdem yang juga Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi pun keluar dari gedung KPU Sumut yang menjadi lokasi pendaftaran.

Ketika diwawancarai wartawan, Erry Nuradi mengatakan, pihaknya datang ke KPU Sumut sebagai pimpinan partai pengusung dan menjalankan mekanisme demokrasi.

Sebagai petahana dan pimpinan DPW Partai Nasdem, pihaknya terus berupaya secara maksimal untuk mengumpulkan dukungan guna bisa mendaftarkan diri.

Namun karena gagal mengumpulkan dukungan minimal 20 persen, pihaknya tidak bisa mendaftarkan diri, sekaligus meminta pendukungnya dapat memahami realitas yang ada.

"Kita harus bisa menerima ini dengan legowo dan lapang hati," katanya.

Sebagai gubernur Sumut, Erry Nuradi juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga kondusivitas Sumut yang telah terjaga dengan baik selama ini. 

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018