Batubara (antarasumut)-Puluhan ekor sapi yang berasal dari berbagai daerah di sekitar wilayah Kabupaten Batubara adu gagah pada pagelaran kontes ternak sapi yang diadakan Dinas Peternakan dan Perkebunan Batubara di Pasar Hewan Dinas Peternakan, Kecamatan Talawi, Batubara, Kamis (23/11/2017). 

Kadis Peternakan dan perkebunan Batubara Hasriansyah mengatakan, kontes ternak sapi dimaksudkan untuk memotivasi para peternak agar dapat menghasilkan hewan ternak yang berkualitas. selain itu, Dinas Peternakan memberi apresiasi penghargaan kepada peternak atau pembibit yang menghasilkan bibit dan hewan ternak yang produktif. pada kontes ini diharapkan para peternak dapat belajar dan tukar pikiran dengan peternak dari daerah lain.

Dikatakannya, kontes ternak sapi diikuti oleh peternak lokal Batubara, Kabupaten Asahan, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Serdang Bedagai.

"Kontes ternak sapi ini menjadi ajang bagi peternak untuk berkumpul, belajar dan tukar pikiran antar peternak dari daerah lain untuk menghasilkan bibit dan hewan ternak yang produktif, ajang ini juga sebagai promosi memperkenalkan pasar hewan kepada masyarakat untuk dapat dimanfaatkan," katanya.

Dari data Dinas Peternakan dan Perkebunan Batubara Tim penilaian/juri terdiri dari Ir Bachrum Siregar latarbelakang Dosen Fakultas Pertanian Universitas Panca Budi, Drh Nurdin Efendi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara dan Dr Tatang M Ibrahim selaku Dosen Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Kategori yang ditandingkan yaitu Ternak jantan hasil IB dan kategori ternak betina hasil IB. Sistem penilaian terdiri dari cara pemeliharaan, pemberian pakan. Selanjutnya yang dinilai tinggi sapi, panjang lingkar dada, lebar dada, dalam dada, lebar pinggang, lebar pinggul, berat badan, keharmonisan bentuk tubuh dan ambing.


Pewarta: Erwin

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017