Batubara, 22/11 (Antaranews Sumut)- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batubara menyerahkan langsung KTP Elektronik (E-KTP) kepada masyarakat di Aula Kantor Camat Air Putih, Kabupaten Batubara, Rabu (22/11). 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lutfhi Solihin Sirait mengatakan, hari ini merupakan hari perdana penyerahan E-KTP langsung kepada masyarakat di Kabupaten Batubara.

Setelah Kecamatam Air Putih selesai, akan dilanjutkan di Kecamatan lain. Penyerahan langsung kepada masyarakat merupakan bentuk layanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dikatakannya, di Kabupaten Batubara ada sekitar 264.866 jiwa wajib KTP. 25.691 jiwa diantaranya sudah melakukan perekaman. Sebantak 26.687 jiwa yang akan dicetak. Tetapi permasalahannya blanko KTP yang tersedia hanya 12.000 blanko. kita sudah ajukan permohonan blanko KTP ke Kementerian, tetapi terkendala ketersediaan blanko, sehingga tidak semua permintaan dapat dipenuhi. Permasalahan ini bukan hanya terjadi di Kabupaten Batubara, tetapi juga berlaku secara nasional.

"Secara simbolis baru hari ini kita laksanakan penyerahan E-KTP di Kecamatam Air Putih, kedepan seluruh Kecamatan akan kita serahkan. Memang selama ini ada kendala, tetapi kendala tersebut berlaku secara nasional. tidak adanya blanko, serta sering terjadi gangguan server," katanya.

Untuk Kecamatan Air Putih wajib KTP sebanyak 33.780 jiwa. 32.404 jiwa diantaranya sudah melakukan perekaman. 1.376 belum melakukan perekaman. hari ini yang kita serahkan sebanyak 1.260 jiwa. Selain itu, Disdukcapil memghimbau kepada masyarakat bahwa pengurusan E-KTP tidak dipungut biaya apapun, apabila masyarakat mendapatkan informasi adanya pengutipan tersebut, segera laporkan ke Disdukcapil.

"Kita menghimbau kepada masyarakat bahwa pengurusan E-KTP tidak dipungut biaya. Apa bila ada oknum tidak bertanggungjawab melakulan kutipan, segera laporkan," Imbuhnya.

Plt Bupati Batubara RM Harry Nugroho mengingatkan kepada Camat dan Kepala Desa dan Lurah agar dapat meningkatkan dukungan aktif kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil khususnya dalam mensosialisasikan kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP agar segera melakulan perekaman serta cross check dan validasi data masyarakat yang sudah melakukan perekaman dan diserahkan kepada Disdukcapil agar dapat dicetak dan didistribusikan kepada masyarakat.

"Hal itu ditujukan agar data kependudukan dapat lebih valid dalam mendukung program pembangunan di Batubara dan masyarakat bisa langsung merasakan manfaat dari dokumen kependudukan yaitu E-KTP," ujarnya.


Pewarta: Erwin

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017