Panyabungan, 19/12 (Antarasumut) – Melalui peringatan hari ibu yang ke-89 diharapkan dapat menjadi refleksi dan renungan bagi semua pihak.  Karena melalui peringatan ini menujukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh proses yang sangat panjang didalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki,

“Mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia dan potensinya  turut menentukan keberhasilan pembangunan, momentum  hari ibu ini diharapkan menjadi refleksi dan renungan bagi kita semua,” kata Bupati  Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution pada peringatan hari ibu ke-89 di gedung serbaguna, Aek Godang, Panyabungan, Selasa.

Ia mengatakan, dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia selama dalam perjalanannya
89 tahun ini telah banyak yang dilakukan oleh kaum perempuan sehingga  mengantarkan berbagai keberhasilannya bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki.

Perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara didalam mencapai tujuan negara serta didalam memperjuangkan kesejahteraan disemua bidang pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik dan hukum.

Disebutkannya, kaum perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses yang serta peluang yang sama sebagai sumber daya pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan panjang maupun tujuan pembangunan berkelanjutan tahun 2030.

“Melalui peringatan  hari ibu ini saya harapkan dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan,” harapnya.


Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017